Lapar Tengah Malam? Sedang PMS dan 8 Pemicu Lainnya

Ilustrasi memakan buah-buahan. Shutterstock.com

kesehatan

Lapar Tengah Malam? Sedang PMS dan 8 Pemicu Lainnya

Minggu, 26 Januari 2020 22:00 WIB
Reporter : Sehatq.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Tubuh memiliki jam biologis atau ritme sirkadian yang mengatur Anda untuk terjaga di pagi hingga sore hari dan mengantuk di malam hari secara alami termasuk merasa lapar hanya saat Anda terjaga. Jam biologis tersebut seharusnya tidak membuat Anda merasa lapar tengah malam. Namun, pada beberapa orang, rasa lapar di malam hari bisa terjadi sehingga menyebabkan Anda terbangun karena perut bunyi dan merasa tidak nyaman.

Tubuh masih membutuhkan energi saat Anda tidur, kecuali jika Anda memiliki kondisi medis yang membutuhkan pengobatan sehingga perut Anda tidak boleh keroncongan di malam hari. Ada berbagai penyebab yang membuat Anda merasa lapar tengah malam. Sebagian besar ini disebabkan oleh gaya hidup, obat-obatan, hingga kondisi medis lain yang menyertainya.

Berikut adalah berbagai penyebab Anda selalu lapar tengah malam

1. Kebutuhan kalori tidak tercukupi dengan baik

Penyebab lapar tengah malam hari bisa jadi merupakan reaksi tubuh akibat kebutuhan kalori tubuh yan

2. Olahraga dengan intensitas tinggi

Penyebab lapar tengah malam juga dapat terjadi karena Anda melakukan banyak aktivitas fisik. Misalnya, olahraga dengan intensitas tinggi atau melakukan banyak pekerjaan yang mengandalkan fisik. Olahraga dengan intensitas tinggi berarti membuat tubuh lebih banyak membuang kalori. Melakukan aktivitas fisik ini di malam hari juga bisa membuat kadar gula darah dalam tubuh Anda menurun yang akibatnya Anda tidak dapat menjaga tubuh agar tetap kenyang selama semalaman. 

Boleh saja jika ingin olahraga di malam hari, tetapi pastikan Anda mencukupi kebutuhan asupan kalori melalui makan malam atau mempertimbangkan camilan sehat berprotein tinggi setelah melakukan olahraga berat. Pasalnya, Anda membutuhkan lebih banyak kalori apabila ingin melakukan olahraga. Jika tidak, Anda bisa terbangun di malam hari karena rasa lapar. 

 Jika Anda biasanya olahraga di malam hari dan tidur larut malam, sebaiknya dekatkan waktu jam makan malam ke waktu tidur Anda. Penting pula untuk mencukupi kebutuhan asupan cairan dalam tubuh setelah berolahraga untuk mencegah dehidrasi. 

3. Pemilihan menu makan malam yang kurang tepat

Penyebab lapar tengah malam lainnya adalah konsumsi makan malam yang tinggi karbohidrat dan tidak mengandung banyak serat, seperti pizza atau makanan cepat saji. Hal tersebut bisa saja terjadi karena jenis makanan tersebut berisiko membuat gula darah cepat melonjak tinggi. 

Akibatnya, pankreas akan mengeluarkan lebih banyak hormon insulin untuk menurunkan gula darah sehingga berujung pada rasa lapar di malam hari.