Cerita Davina Veronica Evakuasi Kucing dan Anjing Saat Banjir

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Davina Veronica Hariadi. instagram.com

Davina Veronica Hariadi. instagram.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Banjir yang melanda Jakarta dan sekitarnya pada awal tahun 2020 sempat membuat Davina Veronica Hariadi kelimpungan. Model dan pendiri yayasan pencinta hewan, Natha Satwa Nusantara, ini harus menyelamatkan puluhan kucing di tempat penampungan di Bojong Kulur, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Hujan deras yang mengguyur sejak malam pergantian tahun menyebabkan rumah yang selama ini dijadikan shelter kucing tersebut terendam. Ada 30 ekor kucing dan seekor anjing hasil penyelamatan yang dirawat di sana. "Air naik cepat sekali sampai hampir menyentuh atap," kata Davina, Kamis, 2 Januari 2020.

Davina, 41 tahun, sempat kebingungan mencari cara mengevakuasi kucing-kucing itu. Sebab, shelter terendam banjir sejak Rabu siang sampai sore, 1 Januari 2020. Akses menuju lokasi pun belum bisa dilewati kendaraan.

Artis sekaligus pendiri Yayasan pecinta hewan, Natha Satwa Nusantara, Davina Veronica membawa anjing jenis herder untuk diberikan kepada Polres Metro Jakarta Pusat di Jakarta, Jumat 15 November 2019.  ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Staf lokal di shelter tak punya banyak waktu untuk mengevakuasi semua hewan. "Hanya 14 kucing dan seekor anjing yang bisa diungsikan sementara dan ditaruh di atap shelter," ujar Davina. Sedangkan belasan kucing lain, kebanyakan cacat, seperti buta, mati tenggelam atau hanyut.

Baru saat banjir surut pada Rabu petang Davina mengerahkan ayahnya, Guntur Hariadi, 64 tahun, untuk membantu empat staf yayasan untuk mengevakuasi kucing. Davina tak ikut karena harus berjaga di kantor yayasan di Pondok Pinang, Jakarta Selatan. Dengan menyetir mobil off-road bak terbuka, Guntur mendatangi shelter dan mengambil kucing serta anjing dari atap. Hewan-hewan nahas yang basah kuyup itu lantas dipindahkan ke kantor yayasan.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."