Tips Jaga Kehamilan Kedua sambil Mengasuh Balita seperti Andien

Andien Aisyah mengumumkan kehamilan keduanya (Instagram @andienaisyah)

keluarga

Tips Jaga Kehamilan Kedua sambil Mengasuh Balita seperti Andien

Selasa, 21 Januari 2020 08:30 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Kabar bahagia tengah menyelimuti pasangan Andien Aisyah dan Irfan Wahyudi atau Ippe. Baru beberapa hari mereka merayakan ulang tahun ketiga Anaku Askara Biru yang dipanggil Kawa, Minggu 19 Januari 2020 penyanyi jazz tersebut mengumumkan kehamilannya.

Andien mengunggah rasa syukur di kehamilan keduanya melalui saluran YouTube miliknya. Dalam video berlatar pantai tersebut yang diunggah 20 Januari 2020, Andien mempersembahkan beberapa larik sajak.

"Dalam pusaran waktu,kita melangkah jauh,bergulir bersama detik,mendesir bersama angin," ucap dia membawakan monolog.

Tampak pelantun "Belahan Jantungku" ini sedang berdiri lalu berjalan perlahan di bibir pantai mengenakan dress kasual berwarna off white dengan pose tengah mengelus perutnya yang terlihat sudah membuncit.

Tak hanya Andien, Kawa dan Ippe juga muncul di video tersebut. Keduanya terlihat mencium perut Andien dengan penuh rasa haru dan kasih sayang.

Meski kehamilan ini bukan yang pertama bagi Andien, pengalaman mengandung setiap anak pasti berbeda. Perempuan kelahiran 25 Agustus 1985 ini harus menjaga kehamilan seraya mengasuh Kawa yang juga sedang aktif-aktifnya.

Melansir laman Very well family, Senin, 20 Januari 2020, berikut lima tips menjaga kehamilan sekaligus mengasuh anak pertama yang masih balita.

1. Sesuai rencana

Anda bisa membuat jadwal di malam hari agar besok pagi tetap bisa meluangkan waktu bersama balita. Meskipun Anda perlu mengubah jadwal, yakinlah jika hal tersebut merupakan pilihan yang bijaksana.

2. Turunkan standar Anda

Mengasuh balita dan proses kehamilan anak kedua akan mengubah banyak ekspektasi hidup Anda. Turunkan sedikit standar Anda, sebab secara fisikAnda benar-benar merasakan sesuatu yang menghalangi atau menyulitkan untuk menyelesaikan semua tugas yang ada.

Jika Anda terpaksa menunggu sampai dua minggu untuk mengganti seprai atau Anda membiarkan cucian sedikit menumpuk, dunia tidak akan berantakan.

3. Periksa kehamilan rutin

Banyak ditemukan kasus kehamilan kedua cenderung tidak seketat hamil anak pertama, khususnya saat jadwal pemeriksaan ke dokter. Jadi Anda disarankan tetap periksa kehamilan secara rutin.

4. Kerja sama dengan pasangan

Mungkin sudah waktunya untuk tidak lagi perfeksionis dan menghindari meminta bantuan. Pasangan Anda adalah jawaban yang jelas untuk menyelesaikan pekerjaan tambahan, termasuk mencuci pakaian dan memasak.

5. Belajar seimbang

Memiliki balita saat Anda hamil adalah peluang besar untuk melatih kreativitas. Anda harus belajar menyeimbangkan merawat anak Anda saat merawat diri sendiri dan bayi yang ada dalam kandungan. Ingatlah bahwa merawat diri sendiri sama dengan merawat kehamilan Anda.

EKA WAHYU PRAMITA