Belum Bisa Move On? Lupakan Mantan Pacar dengan 5 Cara Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi putus cinta. Shutterstock.com

Ilustrasi putus cinta. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah kamu baru putus cinta? Wajar jika kita perlu waktu untuk memasuki perasaan dan menata hati. Kuncinya, jangan terjebak dalam fase ini terlalu lama dan mulai mengambil langkah-langkah untuk menyembuhkan hati kita. Tak ada ruginya mencoba beberapa tips untuk melupakan mantan pacar agar bisa memulai proses penyembuhan.

Menurut Trina Leckie pelatih hubungan dan pembawa acara podcast Breakup BOOST, kamu biasanya akan merasa agak lebih baik dalam waktu sekitar satu bulan hingga dalam beberapa bulan.

"[Jika sudah] lebih dari 90 hari [itu] mungkin indikasi yang baik bahwa Anda tidak mengambil langkah-langkah yang tepat untuk menyembuhkan dan bergerak maju," kata Leckie seperti dilansir dari laman Elite Daily.

Berikut beberapa hal yang bisa kamu coba untuk mulai melupakan mantan pacar.

1. Hapus kontak mantan pacar

Jika kamu kesulitan mengatasi rasa sakit karena putus cinta, cobalah menghapus kontak mantan pacar untuk mulai move on, kata Leckie. Ia menambahkan bahwa tidak ada kontak berarti di media sosial juga.

"Jika Anda selalu berhubungan atau terhubung di media sosial, mereka akan selalu menjadi top of mind, sehingga hampir tidak mungkin untuk sembuh jika Anda benar-benar berjuang," jelasnya.

2. Fokus untuk membangun rasa percaya diri Anda

Alih-alih menghabiskan seluruh energi kamu untuk berduka karena putus cinta, tunjukkan hal-hal yang kamu kuasai. Menurut Leckie membangun kepercayaan diri Anda adalah penangkal hebat saat patah hati.

“Ketika orang memiliki kepercayaan diri yang rendah, mereka akan merasa kurang dan berjuang lebih banyak ketika harus move on dari mantan pacar. Terlihat baik dan merasa hebat akan memotivasi Anda dan membuat Anda merasa lebih positif tentang kehidupan secara umum,” jelasnya.

3. Putuskan saatnya mulai move on

Salah satu cara terbaik untuk memulai penyembuhan adalah menetapkan target untuk move on.

"Orang-orang yang memiliki tujuan yang jelas telah terbukti lebih sukses dalam hidup, dan ini tidak berbeda," jelas Cherlyn Chong, seorang pelatih pemulihan kencan dan perpisahan untuk wanita profesional.

"Anda tidak perlu bertanya-tanya bagaimana Anda akan melupakan mantan, Anda hanya menentukan bahwa Anda akan melupakannya, dan Anda mencari cara untuk sampai ke sana. Dengan begitu, kesuksesan sudah ada di pikiran Anda."

4. Hidrasi

Di masa putus cinta ini, kebanyakan dari kita mengabaikan kondisi tubuh. Chong mengatakan hidrasi yang tepat dapat memiliki dampak besar pada kondisi emosional kamu.

“Anda kemungkinan akan mengalami berbagai respons fisiologis seperti peningkatan detak jantung, sakit kepala, dan mual segera setelah putus cinta. Anda mungkin juga akan mengalami dehidrasi karena terlalu banyak menangis, "jelasnya.

“Minum segelas air ekstra dapat membantu mengurangi kadar kortisol [hormon stres primer] dan gejala fisiologis, membuat Anda berfungsi sebaik mungkin selama masa-masa sulit ini.”

5. Lakukan hal-hal yang membuat kamu bahagia.

Ketika kamu berhadapan dengan patah hati, akan sangat membantu untuk menghentikan rasa sakit sejenak dengan melakukan sesuatu yang dinikmati, seperti yang dikatakan Elle Huerta, ahli perpisahan dan pendiri aplikasi perpisahan, Mend.

Gangguan, bahkan untuk waktu yang singkat, bisa bermanfaat. "Kadang-kadang Anda perlu istirahat sejenak dari memikirkan perpisahan itu," kata Huerta. "Sangat membantu untuk memaksa diri Anda pergi ke bioskop atau menghadiri acara yang akan menarik banyak perhatian Anda.

"Ini juga merupakan pengingat yang baik tentang perasaan Anda sebelum perpisahan, dan bagaimana rasanya setelah Anda menjalani proses penyembuhan.

YUNIA PRATIWI

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."