11 Cara Usir Barisan Semut Membandel, Ada Kopi dan Lada

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi semut. Pixabay.com

Ilustrasi semut. Pixabay.com

IKLAN

9. Cairan pembersih kaca dan detergen cair

Cara mengusir semut membandel selanjutnya adalah menggunakan campuran cairan pembersih kaca dan detergen cair. Anda cukup mencampurkan kedua cairan tersebut ke dalam botol semprot. Lalu semprot area rumah Anda yang kerap dilalui oleh semut.

Namun ingatlah untuk membersihkan area ini setelah penyemprotan. Pasalnya, residu atau bekas semprotan cairan biasanya akan tersisa. Meski tidak ada penelitian yang dapat mendukung langkah pencegahan semut ini, tapi tak ada ruginya untuk dicoba. 

10. Asam borat

Jika bahan alami ala rumahan tidak dapat mengusir semut yang mengganggu di rumah, Anda mungkin perlu menggunakan asam borat sebagai cara mengusir semut yang paling ampuh. Anda bisa membeli asam borat di toko bahan kimia.

Kemudian, Anda dapat langsung menaburkan asam ini di bawah tembok, sudut lantai, area dapur, atau tempat-tempat lain di mana semut sering bersarang.

Anda juga bisa membuat larutan asam borat dengan cara campurkan ½ sendok teh asam borat, 8 sendok teh gula, dan 1 gelas air hangat. Aduk larutan hingga merata. Masukkan larutan ke dalam botol semprot.

Semprotkan larutan ke area rumah yang banyak semut. Sebagai alternatif, basahi kapas dengan larutan tersebut dan letakkan di beberapa sudut rumah tempat semut bersarang.

Selain itu, Anda bisa membuat perangkap semut dari asam borat. Caranya, campurkan bubuk asam borat dengan makanan atau minuman yang manis, seperti gula, sirup, atau selai. Kemudian, sebarkan campuran ini di area rumah yang dituju.

Kendati demikian, hati-hatilah saat menggunakan asam borat sebagai cara mengusir semut di rumah. Jangan biarkan anak bermain di dekat taburan atau larutan asam borat. Pastikan pula Anda menyimpan sisa asam borat di tempat yang sulit terjangkau oleh anak kecil dan hewan piaraan Anda. 

11. Boraks (sodium tetraborate)

Boraks atau sodium tetraborate dapat pula digunakan untuk mengusir semut dengan ampuh. Sama seperti asam borat, Anda bisa memakai larutan yang terdiri dari campuran boraks, gula, dan air hangat. Pastikan untuk menjauhkan bahan kimia ini dari jangkauan anak-anak maupun hewan peliharaan saat menggunakannya.

SEHATQ

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."