11 Cara Usir Barisan Semut Membandel, Ada Kopi dan Lada

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi semut. Pixabay.com

Ilustrasi semut. Pixabay.com

IKLAN

6. Pakai bedak tabur

Anda bisa memanfaatkan bedak tabur (talc) sebagai salah satu cara mengusir semut di rumah. Caranya pun simpel. Anda cukup menyebarkan bedak tabur di sarang semut.

Contohnya, di pinggir lantai, tembok, pintu, atau jendela. Umumnya, semut tidak suka berjalan melewati bubuk, apalagi jika bubuk tersebut menempel di tubuhnya.

7. Tea tree oil

Untuk menggunakan tea tree oil sebagai cara mengusir semut di rumah, Anda cukup mencampurkan 5-10 tetes minyak ini dengan 2 gelas air. Lalu, masukkan cairan ke dalam botol semprot, dan bisa langsung digunakan.

Anda bisa pula menggunakan bola kapas yang sudah dibasahi campuran tea tree oil dan air. Taruh bola-bola kapas ini di sudut-sudut rumah yang sering menjadi jalan semut.

Jika aroma tea tree oil terlalu kuat, Anda bisa menambahkan minyak peppermint ke dalam campuran tersebut. Namun seperti kebanyakan minyak esensial, jauhkan tea tree oil dari jangkauan anak-anak maupun hewan peliharaan.

8. Minyak peppermint

Minyak peppermint adalah jenis pembasmi serangga alami yang juga efektif untuk mengusir semut yang mengganggu di rumah. Cukup campurkan 10-20 tetes minyak peppermint dengan 2 gelas air, dan masukkan ke dalam botol semprot.

Anda tinggal menyemprotkan larutan ini ke area pintu dan jendela rumah supaya semut-semut tidak masuk ke rumah Anda. 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."