5 Masalah Kesehatan yang Sering Dialami Lambung, Maag hingga GERD

Ilustrasi sakit perut. Shutterstock

kesehatan

5 Masalah Kesehatan yang Sering Dialami Lambung, Maag hingga GERD

Jumat, 27 Desember 2019 08:05 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Lambung memiliki peran untuk menyimpan dan memecah makanan atau minuman yang telah Anda konsumsi. Karena pentingnya kerja lambung, tentu menjaganya agar tetap sehat perlu dilakukan. Sebaliknya jika tidak, fungsi lambung tidak akan berjalan dengan normal dan berbagai penyakit bisa diderita.

Dokter spesialis gastronomi Hasan Maulahela dalam acara talkshow Hari Ulang Tahun Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo di Jakarta pada Sabtu, 21 Desember 2019 menyebutkan lima masalah kesehatan yang umum dialami lambung. Apa saja itu?

1. Maag

Maag atau yang dalam bahasa kedokteran dikenal sebagai dispepsia adalah masalah kesehatan umum pertama yang kerap dialami lambung. Hasan menjelaskan bahwa ini terjadi akibat telat makan hingga mengkonsumsi makanan atau minuman pemicu sakit lambung. Gejala seperti rasa tidak nyaman, mudah kenyang serta nyeri pada bagian perut atas pun dialami.

Tentu untuk mencegahnya, makan dengan tepat waktu hingga menghindari makanan asam dan minuman alkohol dan berkafein harus dilakukan.

2. Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

GERD atau refluks asam lambung adalah masalah kesehatan terkait lambung lainnya. Hasan mengatakan bahwa orang yang mengalami GERD akan merasa sensasi dada terbakar. Jika tidak segera diatasi, ini bisa menyebabkan kematian.

Pencegahan atas GERD dapat dilakukan dengan cara makan tidak terlalu cepat, memberi jeda tidur setelah makan hingga menghindari konsumsi rokok.

3. Gastritis

Gastritis atau radang lambung juga sering diderita oleh masyarakat di Indonesia. Ini terjadi saat asam lambung merusak lapisan pelindung dinding lambung dan menyebabkan gejala perut terasa sakit, muntah hingga mual.

Untuk mencegah gastritis, Hasan pun mengingatkan pentingnya menghindari stres dan berkonsultasi kepada dokter sebelum mengkonsumsi obat seperti ibuprofen atau aspirin.

4. Tukak lambung

Tukak lambung adalah masalah kesehatan yang terjadi akibat terkikisnya dinding lambung. Hasan mengatakan bahwa ini secara umum disebabkan oleh infeksi bakteri helicobacter pylori dan penggunaan obat antiinflamasi non-steroid jangka panjang. Pencetusnya termasuk makan makanan pedas.

Salah satu tanda yang menunjukkan Anda mengalami tukak lambung ialah BAB berdarah. Jika demikian, segera konsultasikan diri pada dokter.

5. Kanker lambung

Kanker lambung juga menjadi masalah kesehatan yang sering dialami. Hasan mengatakan bahwa ini terjadi lantaran sel-sel kanker terbentuk di lapisan lambung. Beberapa hal yang meningkatkan risiko kanker lambung termasuk infeksi bakteri H. pylori, obesitas, kebiasaan mengkonsumsi daging merah, merokok, dan jarang mengkonsumsi serat.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA