6 Nutrisi Esensial Dilupakan Saat Diet, Termasuk Makronutrien

Ilustrasi diet (pixabay.com)

kesehatan

6 Nutrisi Esensial Dilupakan Saat Diet, Termasuk Makronutrien

Kamis, 26 Desember 2019 11:13 WIB
Reporter : Eka Wahyu Pramita Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, JAKARTA - Tahukah kamu jika tubuh membutuhkan nutrisi penting agar berfungsi dengan baik. Nutrisi esensial dibagi menjadi dua kategori, yakni mikronutrien dan makronutrien. Makronutrien meliputi protein, karbohidrat, dan lemak. Sedangkan mikronutrien atau zat gizi mikro meliputi vitamin dan mineral seperti kalium, fosfor, kalsium, magnesium, vitamin A, vitamin C hingga vitamin D.  

Cara terbaik untuk mendapatkan semua nutrisi ini adalah melalui makanan. Namun seringkali karena alasan diet, maka kelengkapan nutrisi esensial kamu abaikan.

Dilansir dari laman Boldsky, Kamis 26 Desember 2019, ketahui ragam makanan yang mengandung nutrisi esensial dan dianjurkan dalam program diet.

1. Protein

Protein adalah bahan atau zat pembangun tubuh-tulang, sel hingga kulit. Tubuh manusia membutuhkan protein untuk membangun dan memperbaiki jaringan, membuat enzim dan hormon, serta bahan kimia tubuh lainnya.

Lalu makanan mengandung protein apa yang bisa Anda konsumsi? Bisa didapatkan dari daging, ikan, telur, kacang-kacangan, kedelai, kacang-kacangan, dan biji-bijian

2. Karbohidrat

Karbohidrat berfungsi sebagai sumber bahan bakar untuk semua sel dan jaringan dalam tubuh. Ada dua jenis karbohidrat, yaitu sederhana dan kompleks. Karbohidrat sederhana termasuk roti putih, nasi hingga pasta. Karbohidrat kompleks termasuk quinoa, beras merah, dan oatmeal.

Anda bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat saat mengonsumsi biji-bijian utuh, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran kaya serat.

3. Lemak

Lemak, terutama lemak sehat sangat penting untuk mendukung banyak fungsi tubuh, seperti membantu pembekuan darah, membangun sel, penyerapan nutrisi, produksi hormon, fungsi otak, dan pergerakan otot.

Bahan makanan yang mengandung lemak terdiri dari kacang-kacangan, minyak sayur, biji-bijian, minyak kelapa, ikan berminyak seperti tuna, salmon, dan makerel.

4. Vitamin

Vitamin dibagi menjadi dua kelompok, yaitu larut dalam lemak dan larut dalam air. Vitamin yang larut dalam lemak adalah vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K.

Vitamin yang larut dalam air adalah vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B12 (cyanocobalamin), vitamin B6 , vitamin B3 (niasin), vitamin B9 (folat), vitamin C, dan vitamin B7 (biotin).

Semua vitamin ini diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu penyerapan kalsium, menjaga kesehatan kulit dan rambut, mencegah kanker tertentu, membantu fungsi otak, dan sistem saraf.

Apa yang harus Anda makan? Sayuran berdaun hijau gelap, alpukat, biji-bijian, ikan, daging, sapi, kacang-kacangan, dan buah-buahan.

5. Mineral

Tubuh membutuhkan mineral untuk menyeimbangkan kadar air, meningkatkan kesehatan tulang, menjaga kesehatan kulit, rambut dan kuku, memperkuat tulang, dan mencegah kerusakan gigi.

Mineral dibagi dua kelompok, yaitu mineral utama dan mineral dasar. Mineral utama termasuk magnesium, kalsium, sulfur, natrium, fosfor, klorida, dan kalium. Mineral dasar adalah besi, tembaga, selenium, seng, kromium, yodium, mangan, yodium, fluorida, dan molibdenum.

Apa yang harus Anda makan? Daging merah, kacang-kacangan dan biji-bijian, makanan laut, sayuran, sayuran hijau, unggas, buah-buahan, kuning telur, biji-bijian, kacang-kacangan dan kacang-kacangan, dan susu serta produk susu lainnya.

6. Buah

Konsumsi makanan seimbang yang mencakup berbagai buah-buahan, sayuran, protein, lemak, dan biji-bijian akan memberi tubuh Anda semua enam nutrisi penting. Semua nutrisi ini sangat penting bagi tubuh untuk berfungsi dengan baik.