Makna Logo Hari Ibu 2019, Ada Pemikiran Positif Bak Harum Bunga

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi ibu dan anak perempuan. Shutterstock

Ilustrasi ibu dan anak perempuan. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaHari Ibu diperingati setiap tanggal 22 Desember. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KEMENPPPA) merayakan Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-91 di kawasan Kota Lama, Semarang. "Tema PHI 2019 yakni Perempuan Berdaya Indonesia Maju yang dibangun dengan melihat situasi dan kondisi perempuan Indonesia  yang masih mengalami kekerasan, eksploitasi, perlakuan diskriminatif, dan lain sebagainya,” tulis akun Instagram @kemenpppa pada 21 Desember 2019.

Melihat kondisi itu diperlukan strategi, pelibatan semua unsur masyarakat dan multi stakeholder, termasuk peran laki-laki dalam kampanye yang mendukung pencegahan kekerasan hingga pencapaian kesetaraan gender.

Selain mengusung tema Perempuan Berdaya Indonesia Maju, kemenpppa merilis logo khusus HPI ke-91. Terdiri dari tiga bagian, yakni siluet perempuan, warna merah putih, dan bunga. Setiap elemen mempunyai makna dengan harapan dan kehidupan perempuan.

 

Siluet perempuan dimaknai representasi tindakan dan sikap perempuan yang tegas, namun lembut penuh cinta. Perempuan juga menatap ke depan penuh percaya diri.

Warna merah putih menggambarkan semangat nasionalisme dan ketulusan perempuan berdaya untuk Indonesia maju

Sementara itu, bunga mewakili cara berpikir perempuan berdaya. Terdiri dari tiga makna, yaitu cerdas intelektual, emosional, dan spiritual. Diibaratkan pemikiran positif seperti harumnya bunga. Terakhir, karakter kelembutan dan keindahan bunga yang menjadi simbol karakter perempuan.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."