Wanda Hamidah Gemar Yoga, Bermanfaat untuk Anti-Aging dan Detoks

Wanda Hamidah saat yoga. Instagram.com/wanda_hamidah

kesehatan

Wanda Hamidah Gemar Yoga, Bermanfaat untuk Anti-Aging dan Detoks

Kamis, 19 Desember 2019 16:15 WIB
Reporter : Eka Wahyu Pramita Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Wanda Hamidah dikenal sebagai aktris sekaligus politikus. Tahun ini Wanda kembali mengikuti pemilihan calon legislatif. Tapi sayangnya karena perolehan suara tidak mencukupi, langkahnya ke Senayan terhenti.

Meski tak terpilih duduk di Senayan, perempuan kelahiran 21 September 1977 ini tetap aktif berakting. Di tahun ini, ia kembali menjajal kemampuan aktingnya dalam film Imperfect, setelah sempat vakum empat tahun. Di luar aktivitas politik dan akting, ibu empat anak ini juga tekun menjadi guru yoga di berbagai kesempatan.

Menilik akun Instagram Wanda Hamidah, ia kerap mengunggah aktivitasnya melatih yoga, salah satunya saat saat ia mengajar di Pesona Khayangan Depok, Selasa, 10 Desember 2019.

"It was a beautiful Sunday morning with yoga community, Pesona Khayangan, Depok.. thank you for sharing your beautiful energy.. love the vibes.. namaste.. #yoga #yogawithwanda," tulis Wanda dalam keterangan foto.

Wanda menggeluti yoga sejak 16 tahun yang lalu. Olahraga ini membuat tubuhnya tetap bugar dan awet muda di usianya yang menginjak 42 tahun.

Wanda Hamidah melatih yoga (Instagram @wanda_hamidah)

Selain awet muda, berikut ragam manfaat yoga seperti dilansir dari laman Mindorbs.

1. Meremajakan tubuh

Berlatih yoga sama saja dengan melakukan peremajaan tubuh yang terpusat pada organ-organ vital agar lebih sehat dan berenergi. Keuntungan praktik yoga membuat detak jantung yang lebih rendah, tekanan darah berkurang, metabolisme optimal, dan laju respirasi berkurang dengan meningkatnya kapasitas pernapasan.

2. Memperlambat napas

Yoga berfokus pada memperlambat napas. Hal ini dilakukan dengan menggunakan teknik pernapasan pranayama atau praktik pernapasan dalam.

Dalam napas yang pendek, oksigen yang disuplai ke tubuh tidak mencukupi dan dengan demikian laju respirasi meningkat. Sekitar 25 persen oksigen yang dihirup digunakan oleh otak dan sisanya disuplai ke ginjal, jantung, otot, dan bagian tubuh lainnya di mana napas yang pendek memungkinkan hanya sebagian kecil jumlah oksigen ke organ.

Dalam latihan pernapasan dalam, tubuh disuplai dengan oksigen berlebih dimana sel-sel otak diremajakan dan sel-sel tubuh lainnya dioksidasi secara efektif dengan mengurangi kontaminasi tubuh. Semua proses tersebut, mengurangi beban kerja jantung yang bisa menghasilkan umur lebih panjang.

3. Detoks alami

Rutin berlatih yoga juga bisa menghilangkan bahan-bahan beracun atau detoks pada tubuh Anda. Salah satu efek detoks secara alami adalah penuaan sel melambat dan membuat kita menua secara perlahan. Tubuh akan lebih bugar dan kondisi kesehatan lebih baik.

4. Mengurangi stres

Tidak dipungkiri dalam kehidupan kita tentu sering dihadapkan pada banyak situasi yang penuh tekanan. Hormon stres seperti kortisol yang diproduksi dalam tubuh benar-benar membuat usia bertambah lebih cepat. 

Praktik yoga menginduksi hormon anti-stres untuk mengurangi tekanan. Biasanya, produksi hormon yang menyebabkan stres akan maksimal pada usia pertengahan dua puluhan dan berkurang seiring bertambahnya usia tergantung pada individu masing-masing.

5. Anti-aging

Sebuah makalah penelitian dalam International Journal of Neuroscience menyatakan bahwa praktik yoga teratur untuk jangka waktu lima tahun dapat secara signifikan membuat seseorang terlihat 12 tahun lebih muda. 

Yoga dengan teknik Chakra Sahasrara akan menginduksi hormon 'melatonin' yang merupakan antioksidan yang memperlambat penuaan juga. 

Degradasi kolagen atau protein berserat akan diperlambat yang akan membantu mengurangi keriput, mempertahankan elastisitas kulit, mencerahkan kulit dan mempertahankan keremajaan kulit.