Hindari Ucapkan 4 Kata Ini di Depan Anak, Termasuk Manja

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi orang tua menasehati anak. howng.com

Ilustrasi orang tua menasehati anak. howng.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kata-kata yang diucapkan orang tua berdampak dan bertahan lama pada anak di usia berapa pun, terutama di masa tumbuh kembang. Itulah sebabnya sering dikatakan bahwa seseorang harus sangat berhati-hati dengan apa yang Anda katakan atau katakan di depan anak-anak.

Praktikkan seni mengasuh anak secara positif. Anak-anak mungkin masih muda, tetapi mereka dapat memahami segalanya - baik atau buruk. Menurut para ahli, apa yang dikatakan atau dibicarakan orang dewasa memiliki peran besar dalam mengembangkan pikiran anak yang tumbuh dan berkembang.

Sementara kata-kata kasar adalah kata-kata tidak-tidak yang benar, ada juga kata-kata lain yang tidak boleh orang tua ucapkan di depan anak-anak. Ketika Anda memoderasi pidato Anda, hal itu tidak hanya berlatih menyensor diri tetapi juga melangkah lebih jauh dalam mempraktikkan pengasuhan yang positif dan efektif.

Ingat, nama-nama yang membuat Anda tidak nyaman saat anak Anda memanggil anak lain, Anda juga tidak boleh mengatakannya kepada anak-anak Anda.

Berikut empat kata yang dihindari diucapkan di depan buah hati Anda

 

1. Pintar

Meskipun baik untuk menghargai kecerdasan anak Anda dan memuji Intelligence Quotient atau IQ mereka, para ilmuwan percaya bahwa menyebut mereka pintar menghilangkan kerja keras mereka yang sebenarnya, memaksa mereka untuk percaya bahwa mereka dilahirkan dengan bentuk kecerdasan yang berbeda dan pada gilirannya, merasa berbeda dari orang lain.

2. Bodoh

Ada alasan yang sah mengapa Anda harus berhenti merujuk pada anak-anak Anda menggunakan kata-kata negatif. Apakah marah atau hanya untuk mengejek mereka, panggilan nama apa pun itu buruk. Ingat, Anda harus berbicara langsung dengan anak-anak Anda dan tidak mencap mereka dengan nama negatif. 

3. Manja

Kapan pun Anda harus berbicara atau terlibat dalam percakapan dengan nada negatif. Salah satu kata yang harus Anda hindari adalah 'manja'. Mereka mungkin tidak mengerti arti secara totalitas dan mungkin merasa terluka. Menggunakan kata-kata seperti itu dapat melukai harga diri anak dan menyulitkannya untuk membuka diri tanpa hambatan.

4. Putri

Menurut para psikolog, stereotip gender tidak boleh didorong sama sekali dan menggunakan kata-kata seperti "putri" (princess) atau "pahlawan" (hero) dapat memasukkan mereka ke dalam kotak, bahkan sebelum mereka memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi identitas atau fluiditas gender untuk diri mereka sendiri.

Jika anak-anak Anda menggunakan namanya sendiri setelah menonton film atau membaca tentang karakter yang menginspirasi, maka itu boleh saja. Jika tidak, coba dan hindari stereotip.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."