Kim Kardashian 5 Kali Operasi Setelah Melahirkan Kedua Anaknya

Kim Kardashian dan empat anaknya (Instagram @kimkardashian)

kesehatan

Kim Kardashian 5 Kali Operasi Setelah Melahirkan Kedua Anaknya

Sabtu, 14 Desember 2019 13:32 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Kim Kardashian sempat mengungkapkan kesulitan yang dihadapi selama ia hamil North dan Saint. Namun kini, bintang reality TV itu mengungkapkan bahwa ia menjalani lima operasi dalam waktu satu setengah tahun untuk "memperbaiki kerusakan" yang disebabkan kehamilannya itu.

Istri Kanye West itu menderita preeklampsia atau toksaemia saat dia hamil, dan setelah melahirkan North, plasentanya gagal keluar dan tumbuh dalam dirinya. Meskipun berhasil melahirkan anak keduanya secara normal, ia masih membutuhkan beberapa operasi untuk "memperbaiki kerusakan" yang disebabkan oleh kondisi tersebut.

"Ketika saya hamil dengan anak perempuan saya North, saya memiliki kondisi yang disebut preeklampsia atau toksemia, yang pada dasarnya ketika organ ibu mulai ditutup. Satu-satunya cara untuk menyingkirkan itu adalah dengan melahirkan bayi. Pada usia kehamilan minggu ke 34, saya harus menjalani persalinan darurat - mereka menginduksi saya, dan berat North yang lahir enam minggu lebih hanya hanya 1,8 kilogram,” ujar Kim Kardashian dalam sebuah video promosi untuknya kampanye SKIMS baru.

Foto yang diunggah pada 11 Oktober 2019 itu menunjukkan Kim Kardashian bersama putri sulungnya, North West di Gereja Kathedral Holy Echmiadzin, Armenia. Kim bersama keempat anaknya dibaptis di tanah leluhur ayah Kim di Armenia pada Senin, 7 Oktober lalu. instagram.com/kimkardashian

Kim Kardashian melanjutkan, setelah putrinya lahir dia menjalani proses pembekuan telur. “Saya bisa hamil Saint melalui itu, dan kemudian saya memiliki dua embrio tersisa. Saya memiliki kondisi yang sama mengerikannya seperti saat melahirkan putri pertama saya. Setelah itu, saya harus melakukan lima operasi berbeda dalam satu setengah tahun untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi di dalam. "

Dia ingat dan bertanya kepada dokternya. “’Bisakah saya melakukannya sekali lagi?" Dan mereka berkata, 'Kami bahkan tidak akan menanamkan embrio dalam diri Anda - itu akan seperti malpraktek'. "

Kim Kardashian membuat kejutan untuk merayakan ulang tahun ke-64 ibunya, Kris Jenner, pada Selasa (5/10). Instagram @kimkardashian

Kim Kardashian kemudian memilih ibu pengganti untuk kelahiran anak ketiga dan keempatnya, Chicago dan Psalm. Meskipun kesulitan yang dia hadapi dengan kehamilan dan persalinannya, wanita berusia 39 tahun itu mengakui hal itu "sepadan" untuk anak-anaknya.

"Saya sangat berterima kasih untuk anak-anak saya yang cantik, tidak peduli bagaimana mereka datang kepada saya " tambahnya. "Saya sangat bersyukur untuk ibu pengganti. Saya benar-benar berterima kasih untuk keluarga saya. Saya tumbuh dengan begitu banyak saudara kandung. Saya hanya senang berada di lingkungan yang besar. Saya akan mengalami rasa sakit yang sama dan kembali untuk bayi-bayi saya. Itu semua sepadan. "