Menata Kamar dengan Fengshui Tak Selalu Ikuti Aturan, Ada 6 Tips

Ilustrasi kamar tidur bernuansa ungu. (Unsplash/Markus Spiske)

ragam

Menata Kamar dengan Fengshui Tak Selalu Ikuti Aturan, Ada 6 Tips

Sabtu, 14 Desember 2019 12:01 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Feng shui adalah konsep Tiongkok kuno tentang aliran energi positif, yang dikenal sebagai qi, dan bagaimana hubungannya dengan benda-benda di ruang. Dengan menerapkan prinsip-prinsipnya pada cara Anda mengatur dekorasi di rumah dapat memengaruhi  kesejahteraan. Terutama kamar tidur tempat di mana Anda pergi untuk tidur yang tenang dan memulihkan diri.

Ahli feng shui modern dan desainer Dana Claudat membagikan tips tentang cara membuat kamar tidur sesuai feng shui, dan dengan melakukan itu, buatlah tempat perlindungan yang kuat di rumah Anda. "Meskipun menyenangkan dan praktis," katanya, strategi ini "bekerja seperti sulap."

Namun, sebelum mulai menata kamar tidur, Dana Claudat mengungkapkan alasan menata kamar tidur sesuai feng shui. "Alasan nomor satu untuk feng shui kamar tidur adalah [untuk] tidur yang nyenyak dan memulihkan," kata Claudat, seperti dilansir dari laman Good Housekeeping. "Bahkan ketika klien saya merasa cukup tidur, peningkatan kualitas tidur mereka sering kali luar biasa setelah membuat perubahan feng shui."

Membuat perubahan feng shui di kamar tidur juga dapat meningkatkan hubungan Anda. “Dalam istilah feng shui, kamarmu selalu dikaitkan dengan cinta. Banyak klien telah menemukan hubungan yang ideal, meningkatkan hubungan mereka, atau mengakhiri hubungan beracun setelah sekilan lama terjebak, dan menerapkan feng shui dengan niat yang jelas untuk membawa lebih banyak cinta dalam hidup mereka. "

Berikut adalah beberapa tips untuk menata kamar tidur dengan feng shui.

1. Tempatkan tempat tidur Anda jauh dari pintu.

Idealnya, tempat tidur Anda akan menjadi jarak yang nyaman dari pintu, menghadap ke batas tertentu, tetapi tidak di sampingnya, dengan pandangan yang jelas tentang siapa pun yang memasuki ruangan. Itu harus diangkat dari tanah, memungkinkan energi beredar bebas di bawahnya. Dan itu harus didukung dengan headboard buatan yang terasa kokoh dan mendukung saat Anda tidur. Claudat mengatakan bahwa feng shui yang baik dapat dicapai bahkan jika beberapa aturan ini dibuat berdasarkan ruang dan preferensi Anda sendiri - tetapi pikirkan dua yang penting ini: kamar mandi dan tidur tepat di bawah balok. "

2. Pastikan warna yang tepat.

Memilih warna yang menenangkan dan menarik adalah bagian penting dari teka-teki feng shui. "Ketika Anda menambahkan warna ke sebuah ruangan, Anda dapat memilih warna yang memberi Anda jenis energi yang sesuai dengan niat Anda dalam hidup Anda," kata Claudat. "Paling mudah untuk memulai dengan warna netral di kamar tidur - atau warna yang kurang jenuh - dan kemudian menambahkan warna yang lebih kaya.”

Jika Anda memiliki masalah tidur atau Anda memiliki aktivitas yang sangat cepat, Claudat menyarankan memilih warna netral atau lebih ringan yang lebih menenangkan. Tetapi jika Anda mencari lebih banyak sentuhan dalam suatu hubungan atau kehidupan yang lebih bersemangat - dan Anda sudah tidur nyenyak - Anda dapat memilih untuk menjelajahi warna yang lebih cerah.

"Warna-warna seperti merah atau lainnya yang dalam, dan berapi-api, membawa banyak energi ke ruang," katanya. "Kamu tidak perlu banyak warna api ini untuk memiliki efek yang besar."

3. Rapikan tempat tidur

Bukan rahasia lagi, area yang berantakan di mana saja di rumah dapat menyebabkan stres, jadi penting untuk membersihkannya terutama di kamar Anda. “Area yang berantakan menghambat aliran energi positif dan semua vitalitas yang menyala dan perasaan hebat yang menyertainya,” kata Claudat. "Juga, ketika orang menyimpan barang-barang yang tidak diinginkan di bawah tempat tidur, atau menyimpan tempat sampah kertas di bawah tempat tidur mereka, itu bisa seperti 'tidur pada masalah,' yang tidak terlalu tenang."

Bahkan di luar praktik dan kepercayaan pada feng shui, membersihkan area yang berantakan dampak positif pada kualitas hidup setiap hari. “Bereshkan kamar tidur yang berantakan, - termasuk lemari - memiliki dampak positif yang mendalam pada kualitas tidur Anda dan juga pada pola pikir dan suasana hati Anda,” ujarnya.

4. Singkirkan beberapa buku

Menurut prinsip feng shui, baik buku maupun bahan yang berhubungan dengan pekerjaan harus disimpan di luar kamar tidur; pilihan itu akan memungkinkan Anda untuk membuat pikiran lebih efektif ketika tiba saatnya untuk beristirahat. "Saya lebih suka menempatkan buku sedikit dan mengkurasi buku daripada menghilangkannya 100 persen," kata Claudat.

5. Perhatikan simetri Untuk mengatur kamar tidur dengan feng shui yang baik, perhatikan rasa simetri. “Keseimbangan adalah sesuatu yang bisa Anda rasakan, dan perasaan seimbang itu menenangkan dan membumi,” kata Claudat.

“Tidak setiap kamar memiliki ruang untuk meja kecil di samping tempat tidur dan itu tidak masalah. Tetapi, jika Anda memiliki dua ruang untuk benda itu bagus , sehingga kedua pasangan memiliki ruang pribadi mereka sendiri di samping tempat tidur. Nightstand tidak perlu sama, tapi jika serasi nampak identik, ini membawa rasa keseimbangan ke sebuah ruangan. ”

6. Tidak apa-apa untuk melanggar aturan

Ketika Anda berkomitmen untuk menyesuaikan kamar tidur Anda dengan feng shui terutama jika ini hal yang baru sanga rentan merasa kewalahan. Tetapi cobalah untuk tidak terjebak oleh aturan. “Setiap rumah berbeda, setiap kamar berbeda, dan setiap orang berbeda, jadi untuk mencoba menerapkan setiap 'aturan' feng shui dengan ketat dapat mengarahkan orang merasa kebingungan dan tidak terasa fantastis,” kata Claudat.

Dia mencatat bahwa dia melihat klien menempatkan tempat tidur mereka dalam posisi canggung atau panik karena mereka tidak dapat memuat dua nightstand di ruang mereka, yang keduanya sama sekali tidak perlu. "Ketakutan dan dogma ini tidak perlu dilibatkan dalam proses feng shui," katanya. "Jika Anda telah membuat perubahan feng shui yang terasa salah bagi Anda, ubahlah kembali jika Anda bisa, atau percayalah naluri Anda untuk menyesuaikan segala sesuatunya di dalam kamarmu sehingga akan merasa lebih baik untukmu.”