Menurut Feng Shui, Berikut Arah Rumah yang Paling Baik

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi rumah. Foto: Unsplash.com/Scott Webb

Ilustrasi rumah. Foto: Unsplash.com/Scott Webb

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sebelum membeli rumah, sejumlah orang memperhatikan beberapa hal dari segi feng shui, termasuk arah rumah. Feng shui merupakan ajaran kuno dari Tiongkok tentang keseimbangan manusia dengan lingkungannya yang dilambangkan dengan lima elemen energi.

Kelima elemen tersebut ialah air, api, tanah, kayu, dan logam. Apabila lima elemen ini hadir dalam kombinasi yang tepat, maka akan menghasilkan energi positif yang dipercaya membawa rezeki, keberuntungan, membebaskan Anda dari konflik, pertikaian, musibah, dan sebagainya. 

Tradisi dari budaya Tiongkok ini masih dipercaya dalam menentukan banyak hal, mulai dari bisnis, kerukunan rumah tangga, kesehatan, hingga arah rumah menurut fengshui. Tujuannya untuk memastikan rumah tersebut dibangun dengan Qi atau sebuah kekuatan alam yang dialirkan oleh angin yang membawa energi positif serta dipercaya dapat mendatangkan rezeki. 

Di Indonesia, feng shui juga menjadi perhatian pengembang untuk menentukan rumah yang bagus menghadap ke mana, penataan ruangan, lokasi tata letak interior, hingga fengshui rumah menurut shio demi keharmonisan penghuninya. 

Rumah yang baik menurut feng shui adalah yang dapat mengalirkan udara, air, sinar matahari, dan memiliki keselarasan unsur logam, tanah, kayu, air, dan api.

Dikutip dari prospeku.com, sejauh ini rumah yang menghadap ke selatan dan utara dianggap arah rumah yang baik menurut feng shui. Hal ini berkaitan dengan arah rumah jika ditinjau secara logika. Sebab jika fengshui rumah hadap timur atau barat, akan membuat ruang dalam rumah terlalu panas oleh paparan sinar matahari. 

Mengutip dari The Spruce, rumah yang menghadap selatan secara tradisional dianggap sangat menguntungkan. Sebab, di belahan bumi utara, jika rumah dan lahan pertanian menghadap ke selatan pada zaman dahulu, Anda memiliki keberuntungan menerima sinar matahari dalam jumlah besar untuk membawa tanaman dan energi yang sejahtera ke dalam keluarga.

Bahkan di zaman modern, Anda dapat melihat keluar dan melihat bahwa pohon menerima lebih banyak cahaya di sisi selatan. Pohon yang berada di sisi selatan memiliki lebih banyak daun dan buah. 

Semoga tips singkat di atas bisa membantu Anda saat membeli rumah.

Pilihan Editor: 5 Tips Menata Ruang Kerja Sesuai Feng Shui, Coba Pakai 5 Elemen

RINDI ARISKA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."