4 Risiko Kesehatan Terlalu Banyak Minum Teh, Ganggu Pola Tidur

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi Es Teh Manis. livestrong.com

Ilustrasi Es Teh Manis. livestrong.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Teh salah satu minuman yang paling banyak digemari di dunia, apalagi di Indonesia. Orang Indonesia bisa minum teh di berbagai kesempatan, pagi, sore, malam, atau setelah makan. Diminum panas atau dingin, teh selalu nikmat untuk berbagai kesempatan.

Selain nikmat, teh juga menawarkan banyak khasiat. Minuman ini dipercaya bisa membuat rileks dan memperbaiki mood. Tapi hati-hati, ternyata terlalu banyak mengkonsumsinya bisa menimbulkan efek bagi kesehatan, apalagi jika ditambahkan gula. Konsultan gizi yang juga pendiri perusahan multimedia Naked Nutrition, Mike Rousells, mengatakan dalam sehari disarankan hanya meminum empat cangkir teh.

Berikut beberapa efek samping yang mungkin timbul jika Anda kebanyakan minum teh, seperti dilansir dari laman Times of India

1. Gangguan tidur

Terlalu banyak mengkonsumsi teh dapat menghambat tidur Anda. Kandungan kafein dalam teh dapat mengganggu hormon melatonin yang memengaruhi pola tidur.

2. Rendah penyerapan gizi

Menambah asupan kafein sebenarnya dapat menghambat pencernaan Anda dan mengurangi penyerapan gizi. Teh memiliki komponen yang disebut tanin, yaitu menghambat penyerapan zat besi dari makanan.

Zat besi merupakan komponen penting untuk pembentukan hemoglobin. Kekurangan hemoglobin menyebabkan anemia. Itulah sebabnya mengapa minum teh bersamaan dengan makan tidak dianjurkan.

3. Bikin gelisah

Secangkir teh bisa menghilangkan stres, tapi jika terlalu banyak konsumsi kafein dapat menyebabkan kegelisahan. Cara terbaik untuk mengatasi gejala tersebut adalah mengurangi frekuensi minum teh atau menggantinya dengan varian kesehatan seperti chamomile, teh putih, atau teh hijau.

4. Mual

Minum teh, terutama teh berbasis susu dapat membuat Anda merasa mual. Hal ini disebabkan oleh adanya tanin, yang mengiritasi jaringan pencernaan dan menyebabkan kembung, ketidaknyamanan hingga risiko sakit perut.

MILA NOVITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."