7 Manfaat Goji Berry Bikin Kulit Sehat dan Jaga Berat Badan

Goji Berry. Carpolondon.co.uk

kesehatan

7 Manfaat Goji Berry Bikin Kulit Sehat dan Jaga Berat Badan

Jumat, 29 November 2019 07:10 WIB
Reporter : Sehatq.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Goji berry atau Lycium Barbarum dikenal sebagai obat herbal dan suplemen makanan sejak 2.000 tahun lamanya. Buah berry berbentuk agak lonjong dan berwarna merah ini, berasal dari benua Asia.

Goji berry kaya akan gizi seperti vitamin, serat, zat besi, vitamin A, Zinc, dan antioksidan. Selain itu, goji berry juga mengandung delapan asam amino penting. Satu porsi atau 1 ons goji berry, bisa memberikan hampir 10 persen protein dari kebutuhan harian Anda. 

Berikut sejumlah manfaat goji berry untuk kesehatan tubuh

1. Kulit sehat

Salah satu manfaat goji berry adalah membuat awet muda. Sebab, goji berry dilengkapi beta-karoten, yang terbukti bisa menyehatkan kulit. Bahkan, krim kecantikan yang dilengkapi dengan beta karoten, dipercaya dapat mengurangi iritasi kulit, meningkatkan kesehatan kulit, mengontrol efek samping matahari terhadap kulit, hingga mengontrol dampak penuaan. 

Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap hewan, berhasil menunjukkan bahwa goji berry memberikan antioksidan, untuk melindungi kulit dari penyakit dan sinar UV.

2. Mengontrol kadar gula darah

Setiap orang memiliki seleranya masing-masing, apalagi dalam masalah makanan. Jika Anda suka makanan manis, tapi tidak ingin gula darah meningkat, goji berry bisa jadi opsi terbaik.

Goji berry dikenal manis dan sedikit asam. Namun, buah ini dianggap berpotensi menurunkan kadar gula darah, meningkatkan toleransi gula, mengurangi resistensi insulin, hingga memperbaiki dan memulihkan sel-sel yang membantu memproduksi insulin.

Jika ingin menambahkan goji berry dalam menu diet Anda, konsultasi terlebih dulu dengan dokter. Apalagi jika sedang mengkonsumsi makanan pengontrol gula darah. Ini karena jika lebih sering mengonsumsi goji berry, maka Anda juga harus rajin mengontrol gula darah.