7 Manfaat Goji Berry Bikin Kulit Sehat dan Jaga Berat Badan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Goji Berry. Carpolondon.co.uk

Goji Berry. Carpolondon.co.uk

IKLAN

3. Menjaga tubuh dari kanker

Tingginya kandungan antioksidan dalam goji berry, seperti vitamin C, zeaxanthin, dan karoten, mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap risiko kanker.

Selain itu, antioksidan juga mampu memperlambat pertumbuhan tumor, mengurangi peradangan, dan membantu tubuh menghilangkan zat-zat berbahaya lainnya.

4. Meningkatkan testosteron

Bagi pria yang ingin meningkatkan jumlah spermanya, manfaat goji berry bisa jadi opsi yang baik untuk Anda. Dalam sebuah studi pada hewan, goji berry terbukti berhasil meningkatkan jumlah dan gerakan sperma, meningkatkan kemampuan seksual, dan mempercepat produksi testosteron. Bahkan, penelitian menyebutkan bahwa goji berry adalah alternatif dari “obat kuat”.

5. Mencegah kerusakan hati

Sejak dahulu kala, manfaat goji berry telah digunakan untuk mengobati penyakit hati. Penelitian pada hewan membuktikan, goji berry mampu menjaga kesehatan hati dan mencegah perkembangan penyakit perlemakan hati, yang diinduksi alkohol.

6. Membantu penurunan berat badan

Jika Anda ingin kenyang, walau hanya makan dengan porsi kecil, coba saja goji berry. Buah yang satu ini mengemas energi sehat, menjadi porsi kecil. Rasa yang manis dan berserat tinggi, bisa membantu Anda tetap konsisten menjalani diet sehat.

Jika ingin makanan ringan yang lezat dan bikin kenyang, makan saja goji berry. Goji berry juga sangat rendah gula dan kalori. Setiap 1 ons-nya, goji berry hanya memiliki 100 kalori.

7. Buah super

Beberapa merek goji berry kemasan yang dijual di pasaran, menyebutnya sebagai buah super. Sebuah penelitian memang menjelaskan, responden yang mengkonsumsi jus goji berry selama dua minggu, mengalami peningkatan energi, performa, kualitas tidur, kemampuan untuk fokus, hingga ketenangan. Namun, studi ini belum didukung dengan fakta yang kuat, sehingga masih dibutuhkan lagi penelitian lebih lanjut, untuk membuktikan kehebatan manfaat goji berry.

Goji berry biasanya dijual dalam bentuk kering, yang bisa dicampur dengan sereal atau yogurt, untuk sarapan pagi. Makan dua porsi sehari, biasanya sangat direkomendasikan, untuk manfaat kesehatan yang lebih optimal. Akan tetapi, selalu konsultasikan kepada dokter, sebelum Anda mulai mengkonsumsi goji berry.

Jika sedang mengkonsumsi obat-obatan untuk pengencer darah, obat diabetes, dan obat tekanan darah, serta alergi terhadap buah-buahan sebaiknya hindari mengkonsumsi goji berry. Selain itu, belum ada bukti yang lengkap mengenai tingkat keamanan buah goji berry saat dikonsumsi ibu hamil.

Hal lain yang perlu diingat, seperempat cangkir goji berry, bisa memenuhi 340 persen dari asupan vitamin A. agar terhindar dari hipervitaminosis A atau kelebihan vitamin A yang dapat memiliki efek toksik dalam tubuh.

SEHATQ

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."