Hati-hati, Keyboard Sarang Bakteri Bisa Memicu Infeksi Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi kerja lembur. Shutterstock

Ilustrasi kerja lembur. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Biasanya meja kerja atau meja kantor rutin dibersihkan. Meski begitu ada saja detail yang terlewatkan, salah satunya di bagian keyboard dan di bawahnya. Segera persiksa bagian itu, Anda mungkin menemukan sarang debu, kotoran atau kuman.  

Rebecca Park, perawat dan pendiri RemediesForMe.com mengatakan kebanyakan orang tidak pernah berpikir untuk membersihkan papan ketik. "Keyboard kami sebenarnya dapat menampung bakteri tingkat tinggi," kata Park. "Bakteri paling umum yang ditemukan di keyboard kita cenderung hidup di kulit, mulut, dan hidung lalu kemudian ditransfer dari keyboard melalui tangan."

Selain itu menurut sebuah penelitian, ini lebih mungkin terjadi ketika banyak orang menggunakan keyboard yang sama, dan masing-masing membawa kuman mereka sendiri ke meja. Studi lain bahkan menemukan dua bakteri yang kebal obat yang disebut Enterococcus faecium (VRE) dan Staphylococcus aureus (MRSA) yang mengintai di permukaan ini.

"Bakteri ini bisa bertahan hingga 24 jam di keyboard," kata Rebecca Park seperti dilansir dari laman Bustle. "Ada bakteri di mana-mana, di sekitar kita, tetapi kebanyakan tidak akan membuat Anda sakit.”

Konon, menyentuh permukaan yang dipenuhi bakteri sepanjang hari, dan kemudian menyentuh wajah Anda, dapat berdampak pada kulit Anda. "Perangkat elektronik kotor sering menjadi penyebab lebih banyak jerawat,” kata Yoram Harth, seorang dokter kulit bersertifikat dan direktur medis MDacne. "Bakteri yang ada di keyboard atau ponsel Anda dapat memperburuk jerawat dan rosacea serta menyebabkan infeksi kulit seperti impetigo."

Dalam studi lain, para peneliti mengumpulkan sampel dari 300 keyboard dan menemukan bahwa semuanya mengandung bakteri, termasuk E. coli. "Para penulis menyimpulkan bahwa keberadaan bakteri patogen pada benda-benda ini menunjukkan bahwa mereka mungkin menjadi penyebab penularan infeksi kulit," kata Harth. "Kelebihan bakteri yang serupa juga ditemukan pada layar sentuh smartphone, mouse komputer dan headphone. Jika menyentuh kulit atau mengusapnya segera setelah menyentuh bakteri ini, keyboard atau smartphone akan menyebarkan bakteri ke kulit dan sering menyebabkan lebih banyak jerawat. "

Sekali lagi, ini bukan sesuatu yang harus Anda pikirkan terlalu banyak, tetapi tidak ada salahnya untuk menyadari permukaan kuman, dan mengambil beberapa tindakan pencegahan tambahan. "Cara yang baik untuk mencegah penularan infeksi dari keyboard Anda adalah dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan komputer," kata Rebecca Park. "Sabun dan air cukup efektif untuk membunuh sebagian besar bakteri."

Lakukan ini, Anda tidak akan mentransfer banyak kuman ke keyboard Anda, dan kemudian kembali ke wajah Anda, dan sebaliknya. Hal Ini juga dapat memastikan Anda tidak akan membuat keyboard penuh remah-remah makanan, terutama jika Anda kembali mengetik setelah makan siang.

Jika Anda ingin membersihkannya dengan seksama, Rebecca Park membagikan beberapa langkah yang bisa Anda tiru. Matikan komputer Anda, dan kemudian balikkan keyboard sambil mengetuknya dengan lembut ke tempat sampah. “Ini akan membantu"menyingkirkan puing-puing yang terperangkap di antara tombol," katanya. "Kamu juga bisa melakukan ini dengan sekaleng udara bertekanan."

Dari sana, bersihkan sekitar keyboard dengan kapas yang telah dibasahi dengan alkohol isopropil, untuk menghilangkan kotoran dan membunuh kuman. “Kemudian gunakan kain pembersih bebas serat yang dibasahi dengan pembersih untuk menyeka sisa keyboard," kata Park.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."