Curhat Joanna Alexandra Pentingnya Peran Ayah saat ASI Eksklusif

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Aktris Joanna Alexandra bersama putrinya Ziona Eden Alexandra menghadiri live painting oleh penyandang disabilitas dalam rangkaian Pesta Inklusif di M Bloc, Jakarta, 25 November 2019. Pesta Inklusif digelar untuk menyambut Hari Disabilitas Internasional (HDI) yang dirayakan setiap 3 Desember. TEMPO/Nurdiansah

Aktris Joanna Alexandra bersama putrinya Ziona Eden Alexandra menghadiri live painting oleh penyandang disabilitas dalam rangkaian Pesta Inklusif di M Bloc, Jakarta, 25 November 2019. Pesta Inklusif digelar untuk menyambut Hari Disabilitas Internasional (HDI) yang dirayakan setiap 3 Desember. TEMPO/Nurdiansah

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kala dianugerahi anak dan menjalani proses merawatnya dibutuhkan komitmen penuh dari istri dan suami. Istri mengandung anak selama sembilan bulan, kemudian melahirkan, memberikan ASI eksklusif hingga mendidik dan merawatnya sampai besar. Sosok ayah juga juga berperan penting dalam seluruh fase kehidupan buah hati, khususnya saat masa ASI eksklusif. Hal itu disadari betul oleh suami Joanna Alexandra, Raditya Oloan.

Aktris Joanna Alexandra mengaku kehadiran sang suami Raditya Oloan menjadi hal berarti selama ia memberikan ASI eksklusif. "Menurut aku menjadi ayah ASI itu enggak gampang, tapi kehadiran Radit berpengaruh banget. Dan aku pikir Radit melakukan pekerjaan yang sangat baik," ujar ibu empat anak ini saat ditemui di Jakarta pada Agustus 2019 silam. 

"Dia jadi tempat aku bersandar banget saat mengalami problematika meyusui. Karena menyusui itu sangat mencucurkan air mata, keringat, dan darah."

Raditya Oloan pun membagikan kisahnya saat mendampingi istrinya memberikan ASI eksklusif untuk keempat anaknya. Bagi Raditya, peran ayah ASI sangat penting selama fase ASI eksklusif.

"Ketika kita tidak mau mengambil peran sebagai suami yang membantu, nanti kita sendiri yang kerepotan di masa depan. Makanya, dua tahun pertama kasih waktu yang terbaik buat istri, membantu biar memberikan ASI eksklusifnya berhasil," ujar influencer dan aktivis Ayah ASI ini. 

Aktivis Ayah ASI Raditya Oloan beserta istrinya Joanna Alexandra berbagi pengalaman mereka saat memberikan ASI eksklusif kepada empat buah hatinya di Jakarta Pusat, Jumat 9 Agustus 2019, TEMPO/ Galuh Putri Riyanto

Ayah ASI bisa diartikan sebagai sosok ayah yang ikut terlibat selama fase ASI eksklusif, misalnya memberikan dukungan kepada sang istri, khususnya dukungan mental. Raditya sendiri mengaku selalu memberikan perhatian hingga menyemangati istrinya saat memerah ASI. 

"Kita, sebagai suami, enggak perlu berlagak mengerti rasanya menyusui. Aku biasa selalu kasih support dengan bilang 'Jo, aku enggak ngerti rasanya nyusuin. Tapi ayo, semangat sayang'," kata Raditya mengenang waktu menemani istrinya menyusui.

Hal lain yang dilakukan Raditya ketika menemani istrinya memberikan ASI eksklusif ialah selalu meluangkan waktu dan membuatnya nyaman. "Dukungan yang diberikan ayah ASI kepada ibu bisa dimulai dari apa yang istri sukai. Saya sampai rela enggak nonton film horor, demi nemenin istri nonton drama," cerita Raditya sambil tertawa.

"Dan juga jangan sampai bikin istri stres, tahan ego pribadi. Bantu apa yang bisa dibantu. Aku juga sering banget mijetin kakinya Joanna," imbuh ia.

Baik Raditya maupun Joanna Alexandra juga aktif mencari informasi seputar pemberian ASI, baik dari buku, internet, sampai dokter ahli. "Sebenernya informasi paling banyak saya dapet dari istri. Kami juga sampai pergi ke seminar-seminar," ujar Raditya.

GALUH PUTRI RIYANTO

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."