Selain Susu, Ada 9 Makanan yang Bikin Anak MudahTidur

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi anak tidur. Shutterstock

Ilustrasi anak tidur. Shutterstock

IKLAN

3. Ikan salmon

Salah satu pilihan terbaik di antara makanan laut yang memicu tidur adalah salmon. Sebagian besar salmon saat makan malam merangsang produksi melatonin dan serotonin. Selain itu, salmon juga baik untuk kesehatan sekaligus menambah berat badan pada anak-anak.

4. Gandum

Gandum mengandung vitamin dan mineral yang meningkatkan sistem saraf. Tapi, manfaat gandum lebih dari itu sebab memiliki konsentrasi hormon melatonin yang tinggi, sehingga membuat seseorang cepat tertidur. Gandum juga tinggi karbohidrat, alhasil membantu perut merasa kenyang dan mudah terlelap.

5. Bayam

Bayam adalah tambahan penting dalam makanan setiap anak. Selain kaya akan semua vitamin dan mineral yang diperlukan untuk seluruh tubuh, bayam juga kaya akan asam amino triptofan.

Bayam dapat dimasukkan ke dalam salad atau bahkan dapat diminum sebagai jus sebelum tidur, jika anak Anda menyukainya.

Ilustrasi nasi (Pixabay.com)

6. Nasi

Nasi biasanya tidak disarankan untuk makan malam karena itu membuat perut terasa berat. Tetapi jika Anda menghadapi masalah dengan pola tidur anak-anak Anda, jangan ragu untuk menambahkan nasi ke piring makan mereka.

Indeks glikemik dalam beras memberikan dorongan energi segera, yang kemudian menghasilkan tubuh yang sangat lelah yang baik untuk memicu tidur.

7. Kacang kenari

Kacang kenari yang baik untuk otak dan membantu dalam penurunan berat badan tetapi manfaatnya tidak berakhir di sini, juga memiliki jumlah tryptophan yang baik. Untuk merasakan hasil terbaiknya, tambahkan ke makanan penutup sebelum tidur. Kombinasi kacang-kacangan juga bisa dicoba.

8. Nanas

Nanas meningkatkan melatonin sampai batas tertentu. Meskipun tidak diketahui banyak orang, nanas memiliki kapasitas untuk meningkatkan melatonin, bahkan lebih tinggi daripada gandum dan pisang. Selain itu, beberapa irisan nanas membantu kesehatan pencernaan.

9. Anggur

Hormon pengatur tidur, melatonin, juga ada dalam anggur. Hanya sedikit dari mereka yang cukup untuk melakukan keajaiban. Merupakan pilihan yang lebih sehat untuk memilikinya daripada mencampurkannya ke dalam jus. Sebaiknya tambahkan lebih banyak anggur ke salad buah.

10. Makanan Tinggi Karbohidrat / Rendah Protein

Dokter menyarankan bahwa kombinasi sempurna antara makanan tinggi karbohidrat dan rendah protein menyebabkan tidur nyenyak. Efeknya bahkan lebih baik ketika makanan berkarbohidrat tinggi, yang mengandung triptofan, dikonsumsi sebagai makanan ringan sebelum tidur. Kombinasi terbaik termasuk apel dengan selai kacang, kerupuk gandum, keju, sereal, dan susu.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."