Diet Dewi Hughes Tanpa Menyiksa, Tiru 5 Cara Lainnya

Dewi Hughes. Instagram

kesehatan

Diet Dewi Hughes Tanpa Menyiksa, Tiru 5 Cara Lainnya

Selasa, 19 November 2019 15:00 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Kisah sukses Dewi Hughes menjalankan program diet hingga menurunkan hingga 90 kilogram dalam waktu 15 bulan, menarik perhatian publik. Terutama yang sedang berusaha menurunkan berat badan. 

Melalui wawancara talk show "Ini Baru Empat Mata Trans 7, Jumat, 15 November 2019,  Dewi Hughes mengungkapkan caranya menurunkan berat badan, yaitu dengan makan real food, berhenti konsumsi gula dan garam serta diet kenyang, yaitu makan setiap 2 jam. Selama ini wanita yang berprofesi sebagai pembawa acara itu juga kerap memberi edukasi jika diet sehat yang selama ini dijalani tidak membuatnya tersiksa.

Melansir laman Healthline, ada beberapa cara menurunkan berat badan tanpa diet yang menyiksa. Berikut ini ulasannya. 

1. Mengunyah makanan dengan pelan

Dengan cara mengunyah makanan pelan-pelan dan seksama, maka akan membuat rima makan melambat. Tentu saja hal ini dapat menstigma otak dan menyampaikan bahwa Anda telah makan dengan cukup. Secara tidak langsung membuat asupan makanan yang masuk ke perut berkurang. Cara ini bisa membuat Anda kenyang lebih cepat dengan kalori yang sedikit. Tanpa mengurangi jumlah makan dan membuat Anda mengurangi berat badan tanpa harus tersiksa.

2. Perbanyak konsumsi protein

Protein yang membantu besar pada nafsu makan dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar. Hal ini disebabkan oleh beberapa hormon, seperti ghrelin dan GLP-1 yang mempengaruhi rasa lapar dan kenyang.

Menurut studi, meningkatkan asupan protein sebanyak 15 persen dapat membantu seseorang mengkonsumsi 441 kalori lebih sedikit per hari dan rata-rata kehilangan 5 kilogram selama 12 pekan tanpa olah raga atau sengaja meningkatkan makanan.

3. Minum air putih sebelum makan

Minum lebih banyak air adalah cara yang mudah dan efektif untuk menurunkan berat badan dengan sedikit usaha. Menurut sebuah studi kecil, minum 16,9 ons (500 ml) air sementara meningkatkan jumlah kalori yang terbakar 30 persen setelah 30-40 menit. Studi juga menunjukkan bahwa minum air sebelum makan dapat meningkatkan penurunan berat badan dan mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi sekitar 13 persen.

4. Tidur yang cukup dan menghindari stres

Kurang tidur dan pola makan tidak teratur, serta banyak pikiran (stres) berpengaruh besar terhadap nafsu makan dan berat badan Anda. Studi menunjukkan bahwa cukup tidur mungkin sama pentingnya untuk menurunkan berat badan seperti diet dan olahraga.

Berbagai penelitian telah mengaitkan kurang tidur dengan peningkatan berat badan dan kadar ghrelin yang lebih tinggi, hormon yang bertanggung jawab untuk merangsang rasa lapar. 

Lebih lanjut, satu studi pada wanita menunjukkan bahwa tidur setidaknya tujuh jam setiap malam dan meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan meningkatkan kemungkinan keberhasilan penurunan berat badan sebesar 33 persen. 

5. Porsi kecil untuk makanan tidak sehat

Hal lain yang harus dilakukan untuk mengurangi porsi makanan berlebih, terutama makanan kurang sehat menggunakan piring yang kecil. Tujuannya adalah membuat porsi makanan jadi terlihat lebih banyak.

Piring makanan khas hari ini lebih besar daripada beberapa dekade yang lalu. Tren ini dapat berkontribusi pada kenaikan berat badan, karena menggunakan piring yang lebih kecil dapat membantu Anda makan lebih sedikit dengan membuat porsi terlihat lebih besar. 

Di sisi lain, piring yang lebih besar dapat membuat porsi tampak lebih kecil, menyebabkan Anda menambahkan lebih banyak makanan. 

EKA WAHYU PRAMITA