Pentingnya Olahraga 30 Menit Setiap Hari untuk Kesehatan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi berolahraga. Shutterstock.com

Ilustrasi berolahraga. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu cara yang ditempuh orang untuk menjaga kesehatan sekaligus menurunkan berat badan adalah berolahraga. Namun, banyak orang yang melewatkan ini karena kesibukan pekerjaan hingga kurang termotivasi. Apalagi membayangkan berolahraga di gym menghabiskan waktu hingga berjam-jam.

Padahal, olaharaga untuk menurunkan berat badan tak perlu berlama-lama. Anda cukup melakukannya selama 30 menit setiap hari. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Scandinavian Journal of Public Health pada 2013 lalu, olahraga selama 30 menit lebih efektif menurunkan berat badan dibandingkan dengan olahraga satu jam setiap hari.

Penelitian tersebut  membuktikan, orang yang berolahraga 30 menit rata-rata kehilangan 3,6 kilogram dalam tiga bulan. Sementara orang yang berolahraga satu jam hanya kehilangan 2,7 kilogram.

Apa sebabnya? Berolahraga selama 30 menit membuat Anda masih menyisakan energi untuk kegiatan fisik lainnya seperti naik tangga atau bersepeda. Selain itu, Anda kemungkinan makan lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang berolahraga selama satu jam setiap hari. Jadi, aktivitas tambahan dan makan yang lebih sedikit itu membantu menurunkan berat badan dalam waktu lebih cepat.

Selain latihan di gym, Anda juga bisa memilih berlari. Pelatih bersertifikat Kelly Borowiec mengatakan, 30 menit setiap hari sudah cukup mengurangi kelebihan berat badan yang tak diinginkan. Tak perlu setiap hari, tiga hingga empat kali seminggu pun sudah cukup. Namun, di luar hari berlari, Anda bisa memilih olahraga lain, seperti latihan kekuatan atau yoga. 

"Ini akan membantu memperkuat otot yang Anda gunakan untuk berlari, seperti paha depan, paha belakang, dan glutes," katanya. "Ingatlah untuk menjadwalkan satu hari istirahat penuh per minggu untuk memungkinkan tubuhmu pulih," kata ia. 

Sesi olahraga selama 30 menit lebih mudah dikelola dan dilakukan daripada sesi latihan selama satu jam. Hal yang terpenting adalah melakukannya secara konsisten.

MILA NOVITA | TIMES OF INDIA | POPSUGAR 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."