Kiat Anak Dekat dengan Ayah yang Sibuk Bekerja di Luar Rumah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi ayah dan anak. Shutterstock.com

Ilustrasi ayah dan anak. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kedekatan anak dan orang tua sangat penting untuk proses tumbuh kembang dirinya. Bagi orang tua yang bekerja, tentunya selalu menyiasati waktu dan menciptakan formula tersendiri untuk memperhatikan anak. Bagi Anda yang telah dewasa tentu memahami kesibukan suami untuk menafkahi keluarga. Namun untuk buah hati perlu proses memahami dan jangan sampai merenggangkan kedekatan anak dan ayah. Oleh sebab itu, dibutuhkan sejumlah trik untuk menciptakan keakraban anak dan ayah.

Menurut co-founder Parent Talk dan podcast #CurhatBaBu, Ario Pratomo, hal pertama yang bisa dilakukan oleh ayah di sela-sela kesibukan adalah memberi perhatian. Salah satunya bisa dengan menelepon anak.

“Tidak usah berlebihan sampai mengantar anak sekolah dan sebagainya. Yang penting tumbuhkan komunikasi intens dulu. Ini adalah langkah awal yang baik agar dekat dengan anak,” katanya di Jakarta beberapa waktu lalu.

Selanjutnya, ayah juga bisa mulai memberikan hadiah-hadiah kecil kepada anak. Misalnya, saat melakukan dinas ke luar kota atau luar negeri, ia bisa membeli oleh-oleh sebagai buah tangan. Menurut Ario, ini merupakan hal yang baik untuk menunjukkan kepedulian kepada anak.

“Kalau sibuk sekali, bisa minta tolong beli kepada seseorang atau delivery. Sekarang kan canggih. Tinggal pakai smartphone, barangnya langsung sampai. Ini sebagai bentuk pendekatan supaya anak melihat kalau kita ada effort untuk memberi sesuatu untuk anak,” tuturnya.

Terakhir, memanfaatkan waktu bersama walaupun sebentar juga disarankan oleh Ario. Ia mengatakan bahwa saat makan siang, atau sore dan malam hari sepulang kerja, ayah bisa melakukan aktivitas maupun sekadar bercengkerama dengan anak. 

“Saya tahu pasti lelah kerja seharian. Tapi kalau ada waktu sebentar, manfaatkan untuk bersama anak. Bisa sekadar ngobrol atau ajak ke mal untuk makan bersama,” tandas Ario.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."