6 Cara Memanfaatkan Media Sosial yang Tepat untuk Bisnis Online

Ilustrasi Media Sosial (Medsos).

karir

6 Cara Memanfaatkan Media Sosial yang Tepat untuk Bisnis Online

Jumat, 8 November 2019 18:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Di era serba digital ini, beragam bisnis online atau daring via media sosial tumbuh subur. Sebab bisa memasarkan produk dengan gratis tanpa harus membayar pemasangan iklan layaknya iklan di media cetak, elektronik hingga papan iklan di pinggir jalan raya. Bebas pula menciptakan kreasi konten yang sesuai identitas merek, tidak perlu mengikuti ketentuan perusahaan tertentu.

Dengan segala kemudahan itu, bukan berarti pula Anda asal-asalan mengunggahnya. Ada sejumlah kiat tertentu agar unggahan media sosial Anda menarik dan “menjual” bisnis Anda.

Berikut sejumlah tips untuk memanfaatkan media sosial yang tepat mengutip laman Your Tango

1. Perlakukan media sosial selayaknya

Layaknya Anda saat bersosialisasi, penting sentuhan kehadiran Anda secara sosial. Ciptakan ciri khas merek Anda di sana lewat logo, warna, backsound, ataupun menciptakan ikon. Jangan terlalu bergaya serius di setiap unggahan media sosial. Warganet di media sosial lebih suka berlama-lama di konten yang bahasannya ringan dan menghibur.

2. Perhatikan konten

Menyambung persoalan konten di media sosial, banyak orang yang mengunjungi media sosial saat mereka bosan atau menunggu sesuatu. Jadi, konten hiburan lebih menjadi incarannya. Setelah itu, mereka senang membaca informasi singkat dalam infografis, meme, quote atau video pendek. Jadi, manfaatkanlah bentuk penayangan itu secara berkala dalam setiap unggahan.

3. Menjalin hubungan, jangan seperti robot

Saat ada pengikut yang bertanya terkait bisnis Anda, responslah dengan baik. Jangan diabaikan. Sebisa mungkin jangan dibalas lewat dari sehari sebab membuat Anda tidak serius mengelola media sosial yang menjadi bagian citra bisnis Anda. Perhatikan secara berkala komentar di unggahan maupun pesan di kotak masuk, agendakan jam tertentu untuk menanggapi hal itu.

4. Bagikan kisah positif

Selain unggahan barang jualan, konten informatif, testimoni positif dari para pelanggan juga wajib dibagikan. Ini salah satu langkah membagikan pencapaian positif bisnis Anda. Hal itu juga berguna menguatkan kepercayaan pelanggan alam dan memikat calon pelanggan. Konten ini baik pula untuk menjalin kedekatan dengan pelanggan loyal Anda.

5. Bagikan sedikit formula Anda

Bila Anda berbisnis aneka kue, coba bagikan langkah-langkah membuat kue keju. Jika Anda bisnis cuci sepatu, bisa juga mengunggah video sesi saat membersihkan sepatu sneakers. Beragam unggahan dengan tema membagikan sedikit formula “dapur” bisnis Anda bisa membangun transparansi dalam berbisnis. Unggahan itu juga bisa menginspirasi calon pebisnis lain, sehingga melatih jiwa kompetisi yang sehat.

6. Agendakan waktu konten

Resep ini bisa jadi sudah Anda lakukan selama ini. Bagi yang belum, buatlah agenda setiap unggahan di media sosial dan patuhi jadwal tersebut. Contohnya di pagi hari, ada yang mengawali dengan quotes inspiratif atau tips sederhana. Lalu, unggahan jualan dalam bentuk video dan infografis. Kemudian, unggahan seputar info aktual.

Bila Anda memiliki jadwal unggahan yang teratur, para pengikut Anda lama-kelamaan akan memahami pola tersebut dan menunggu unggahan Anda. Dan, jangan lupa sesekali berikan kejutan dalam unggahan Anda, seperti video dengan idola atau influencer lain hingga beragam hadiah. Ingat, selalu kolaborasi dengan influencer lain berperan penting untuk menjaga eksistensi di dunia maya.