9 Tips Menjadi Influencer Media Sosial, Jangan Gengsi Kolaborasi

Ilustrasi perempuan melihat Instagram. unsplash.com/social.cut

karir

9 Tips Menjadi Influencer Media Sosial, Jangan Gengsi Kolaborasi

Rabu, 6 November 2019 16:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Di era dominasi dunia digital, sejumlah karier berbasis teknologi sudah tumbuh subur. Salah satunya adalah influencer media sosial. Di Indonesia, sejumlah karier cemerlang menjadi infulencer media sosial sudah diretas oleh Ria Ricis, Boy William, Atta Halilintar, Tasya Farasya hingga Anak Jajan. Mereka hits di saluran media sosial yang berbeda-beda dengan konten yang spesifik pula.

Pesatnya pertumbuhan influencer media sosial juga didorong para pebisnis mulai merambah area dunia maya. Mereka mengandalkan influencer untuk mempengaruhi secara tak langsung para pengikutnya. Oleh karena itu, jumlah pengikut menjadi salah satu penentu kolaborasi sejumlah perusahaan atau brand.

Mengutip laman Your Tango, pendapatan rata-rata influencer media sosial di mancanegara berkisar US$ 30.000 – US$ 100.000 atau Rp 400 juta – Rp 1 miliar per tahun. Lain lagi perhitungannya, bagi influencer dengan jumlah pengikut di belasan juta. Angka penghasilannya berada di jutaan dollar atau setara ratusan miliar rupiah.

Bagi kamu yang tertarik menjadi influencer media sosial, berikut sembilan tips yang dibagikan di laman Your Tango

1. Temukan ketertarikan kamu

Sebelum kamu memulai, penting untuk bertanya pada diri sendiri industri apa yang kamu minati. Temukan sesuatu yang disukai bisa jadi makeup, fashion, memasak atau beberes rumah. Dengan menemukan itu bisa membantu kamu mengidentifikasi audiens yang ingin dijangkau.

2. Pertimbangkan saluran YouTube

Dari semua platform media sosial, YouTube adalah yang terbaik untuk menciptakan kehadiran Anda secara daring. Platform ini memberi audiens gambaran tentang siapa kamu dan bisa mengukur seberapa mereka menyukai konten yang kamu buat.

Mayoritas influencer top seperti Jackie Aina, Nikita Dragun, dan Jaclyn Hill memulai karir mereka dengan melibatkan audiens mereka di YouTube.