Menu Sarapan yang Ampuh Turunkan Berat Badan, Mau Coba?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mila Novita

google-image
Ilustrasi telur ceplok. Pexels.com

Ilustrasi telur ceplok. Pexels.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Banyak orang yang melewatkan sarapan karena takut berat badannya bertambah. Padahal, sarapan sangat penting untuk mempersiapkan tubuh dan otak dalam beragam aktivitas seharian. 

Jangan takut gemuk gara-gara sarapan. Dilansir dari Health Line dan Eating Well. empat menu sarapan ini membantu Anda menjaga berat ideal. bahkan menurunkan berat badan.

1. Gandum utuh

Entah dari roti, sereal, atau produk apapun, gandum utuh juga sangat baik dikonsumsi pada pagi hari sebagai salah satu menu diet. Dikenal kaya serat, gandum utuh pun bisa mengurangi nafsu makan sehingga meminimalisasi risiko kenaikan berat badan. Lebih dari itu, sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa gandum utuh dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil dan menghilangkan lemak membandel pada bagian perut.

2. Telur

Telur sangat baik menjadi menu makanan di pagi hari buat yang sedang diet. Selain kaya nutrisi, kandungan tinggi protein juga bisa menurunkan berat badan. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa protein tersebut membuat kenyang lebih lama sehingga seseorang pun kehilangan nafsu makan yang berujung pada berat badan yang menurun.

3. Smoothies 

Smoothies sangat disarankan untuk dikonsumsi di pagi hari sebab mengandung gabungan protein dan serat sehingga akhirnya bisa menurunkan berat badan. Namun, perlu diperhatikan untuk tidak asal memilih campuran smoothies. Ahli menyarankan agar mengonsumsi sayur dan buah rendah lemak seperti brokoli, kacang-kacangan, dan stroberi. 

4. Kopi

Bagi sebagian orang, kopi telah menjadi menu wajib di pagi hari. Jika Anda salah satunya dan berharap untuk menurunkan berat badan, apa yang dilakukan pun harus dilanjutkan sebab kandungan kafein pada kopi bisa mempercepat metabolisme dan membakar lemak tubuh. Jika dikonsumsi dalam jangka panjang, kafein juga bisa menjaga tubuh tetap pada ukuran yang ideal. 

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."