Soraya Larasati Terapkan Pola Asuh Berbeda untuk Dua Putranya

Presenter Soraya Larasati dan kedua putranya, Dafa Danendra Amaldi Sulaeman dan Dzaka Rajendra Ismail Amaldi. Instagram.com/@sorayalarasat1

keluarga

Soraya Larasati Terapkan Pola Asuh Berbeda untuk Dua Putranya

Rabu, 30 Oktober 2019 10:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Presenter dan aktris Soraya Larasati menikah dengan pengusaha Dony Amaldi pada 15 Juli 2012. Pasangan ini telah dikaruniai dua putra, yaitu Dafa Danendra Amaldi Sulaeman (6 tahun) dan Dzaka Rajendra Ismail Amaldi (2 tahun). Sebagai keluarga muda, pasangan ini mempunyai trik tertentu dalam mengasuh kedua anaknya.

“Tantangan mengasuh anak cowok itu dikasih taunya lebih hati-hati, enggak terlalu suka didikte. Sekarang lagi di tahap penyesuaian karakter. Karena anak aku yang besar udah masuk Sekolah Dasar (SD). Anak sekarang cepat banget dewasanya. Paling penyesuaian karakter aja, kesulitannya,” ungkap Soraya Larasati saat ditemui di Jakarta Fashion Week 2020 di Senayan City, Jakarta Pusat, Sabtu 26 Oktober 2019.

Perempuan berusia 33 tahun ini lebih lanjut bercerita, “Yang dua tahun udah mulai aktif banget. Banyak ngomong. Lagi lucu-lucunya. Yang enam tahun udah mulai agak rebel. Anak sekarang baligh-nya lebih cepat, lebih dewasa. Lagi mencari karakternya kayak gimana. Sekarang aku lagi di posisi harus lucu-lucuin buat yang kecil, sementara harus bersikap dewasa untuk abangnya. Beda-beda gayanya.”

Menurut bintang film “Bukan Pocong Biasa” ini, kedua putranya yang beda usia empat tahun kadang bertengkar soal mainan. “Kadang akur, kadang enggak. Paling rebutannya soal mainan. Apalagi kalau kesukaannya sama, misalnya mobil-mobilan. Ya, itu wajar sesuai umurnya. Aku palingan ngajarin karakter berbagi ke kakaknya,” kata Soraya Larasati.

Presenter Soraya Larasati dan suaminya, Dony Amaldi. Instagram.com/@sorayalarasat1

Selain pola asuh yang mengikuti perkembangan usia kedua anaknya, Soraya beserta suami juga berbagi peran. “Kalau aku yang lebih banyak bawel karena aku ibu, ya. Standar ibu, ya. Jadi, banyak kasih aturan dan petuah yang kadang bikin anak bete. Kalau suami lebih penengah, sih. Kalau ada apa-apa, dia yang baik-baikin. Kalau aku mulai tegas, suami yang nenangin,” urai bintang sinetron Emak Ijah Pengen ke Mekkah ini.

Soraya dan suami juga sepakat untuk selalu hadir bagi anak-anak di tengah kesibukan keduanya. “Selama di luar waktu yang enggak bentrok sama urusan anak, kita bisa manfaatkan untuk hobi, olahraga, dan lainnya. Cuma ketika anak di rumah, kita fokus dan hadir untuk anak-anak. Karena bonding itu penting banget. Apalagi di masa krusial seperti golden age. Perlu banget kehadiran kita, enggak cuma video call, jadi harus hadir orangnya,” Soraya memaparkan.

"Kalo main sama papa-nya pas weekend. Lebih ke hobi, kan sama-sama cowok. Maen basket bareng, berenang bareng, jadi lebih kegiatan laki-laki sama papanya. Kalau sama aku lebih ke urusan daily atau hari-hari," tandas Soraya Larasati.