Ketahui 3 Risiko Kesehatan saat Minum Jus Tomat secara Berlebihan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Jus tomat.

Jus tomat.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bosan makan tomat secara langsung? Anda bisa minum dalam bentuk jus tomat. Jus tomat memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Mari kita simak dari 1 cangkir jus tomat murni atau sekitar 240 ml, memiliki kandungan nutrisi 41 kalori, 2 gram protein, 2 gram serat, 8 persen vitamin B1 atau tiamin, 8 persen niasin atau vitamin B3, 13 persen Vitamin B6 atau pyridoxine, 12 persen vitamin B9 atau folat, 22 persen vitamin A, 74 persen vitamin C, 7 persen vitamin K, 16 persen Kalium, 7 persen magnesium, 9 persen Mangan, dan 7 persen potasium.

Belum lagi kandungan fosfor, natrium, riboflavin (vitamin B2), dan vitamin E. Jus tomat juga kaya akan likopen (pemberi warna merah pada tomat), yang merupakan salah satu jenis antioksidan kuat. Kandungan nutrisi yang melimpah inilah yang membuat jus tomat bermanfaat untuk kesehatan. 

Namun ada beberapa risiko mengonsumsi jus tomat yang mungkin bisa terjadi. Oleh sebab itu, Anda harus mempertimbangkannya sebelum rutin mengonsumsi jus tomat. Adapun risiko yang mungkin terjadi berikut ini.

Masalah pencernaan

Jus tomat dapat terasa cukup asam. Pada sebagian orang, terutama penderita GERD, jus ini mungkin bisa menyebabkan perut tidak nyaman, kembung, kram, dan diare jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Hentikan konsumsi jus tomat bila mengalami gejala tersebut.

Warna kulit berubah

Warna tomat didapat dari kandungan likopen yang tinggi. Jika Anda minum jus tomat dalam jumlah banyak secara teratur, maka itu bisa mempengaruhi pigmen kulit. Jika Anda melihat warna oranye atau merah pada kulit, sebaiknya segera hentikan mengonsumsi jus apel.

Risiko penyakit jantung

Beberapa produk jus tomat dapat memiliki kadar natrium yang tinggi karena mengandung garam tambahan. Ini akan bermasalah bagi orang yang sensitif garam, serta dapat menyebabkan tekanan darah tinggi sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung Oleh sebab itu, jangan meminumnya secara berlebihan.

Akan lebih baik jika Anda mengonsumsi jus tomat murni tanpa garam ataupun gula tambahan. Selain itu, minumlah dalam jumlah yang sedang dan jangan berlebihan. Ini dilakukan agar Anda mendapatkan manfaat jus tomat dengan baik, dan terhindar dari risiko yang mungkin ditimbulkan. 

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."