9 Jenis Makanan yang Menyehatkan untuk Ibu Hamil dan Janin

Ilustrasi wanita/ibu hamil dengan buah dan sayuran. TEMPO/Aditia Noviansyah

kesehatan

9 Jenis Makanan yang Menyehatkan untuk Ibu Hamil dan Janin

Rabu, 16 Oktober 2019 12:30 WIB
Reporter : Sehatq.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Di masa kehamilan, kebutuhan makanan meningkat hingga 200-300 kalori per hari. Bukan berarti pula ibu hamil makan asal banyak, tetap harus memperhatikan gizi  yang dibutuhkan ibu dan janin.

Kebutuhan gizi setiap ibu hamil mungkin berbeda, tergantung kondisi kesehatan. Namun, pada dasarnya agar ibu dan janin berkembang sehat, ibu hamil wajib mengonsumsi makanan yang mengandung protein, karbohidrat, dan lemak, serta banyak sayur dan buah.

Beberapa zat yang sebaiknya dipenuhi oleh ibu hamil, yaitu kalsium untuk memperkuat tulang dan gigi janin, mencegah penggumpalan darah, dan menormalkan fungsi saraf serta jantung. Vitamin D untuk menyehatkan tulang, gigi, kulit, serta penglihatan.

Folat untuk mencegah cacat bawaan, seperti kelainan tabung saraf. Zat besi untuk menyehatkan sel-sel darah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Vitamin A untuk menyehatkan mata bayi dan protein untuk merangsang pertumbuhan bayi, terutama otak, otot, dan sel darah. Selain bermanfaat untuk kesehatan ibu dan janin selama masa kehamilan, makanan dengan gizi seimbang juga berguna bagi kesehatan ibu dalam jangka panjang.

Berikut beberapa makanan sehat yang direkomendasikan untuk ibu hamil

1. Semua produk susu

Produk susu sangat banyak ragamnya, tapi semuanya mayoritas mengandung kalsium, fosfor, vitamin B, magnesium, dan zinc yang bermanfaat bagi ibu hamil. Meski demikian, susu hamil bukan satu-satunya produk susu yang bisa dikonsumsi. Sebab ada juga olahan susu, seperti yogurt (terutama Greek yogurt), minuman prebiotik, keju, dan lain-lain.

2. Gandum utuh

Bahan makanan yang termasuk kategori ini ialah oats dan quinoa. Gandum utuh sangat kaya akan serat, vitamin B, dan protein nabati yang dibutuhkan ibu hamil, terutama untuk menambah tenaga di trimester kedua dan ketiga.

3. Polong-polongan

Makanan yang baik untuk ibu hamil ini dapat berbentuk kacang polong, buncis, kedelai, kacang panjang, lentil, maupun kacang tanah. Polong-polongan merupakan sumber makanan yang kaya akan serat, protein, zat besi, folat (vitamin B9), dan kalsium.