Bayi Rewel saat Tumbuh Gigi, Lakukan 5 Hal Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi bayi demam. shutterstock.com

Ilustrasi bayi demam. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat bayi tumbuh gigi berbagai macam reaksi yang ditunjukkan. Mulai dari rewel, sering menangis, suhu tubuh sedikit meningkat, mengeluarkan air liur yang banyak hingga mengalami perubahan pola makan atau tidur.  Anda tak perlu khawatir dan panik sebab itu merupakan gejala alami saat bayi tumbuh gigi.

Untuk membuat bayi tetap nyaman selama proses tumbuh gigi, Anda bisa terapkan sejumlah langkah berikut.

1. Pijat gusi bayi dengan jari Anda, tapi pastikan jari Anda benar-benar bersih.

2. Berikan bayi alat gigitan (teether) yang keras, dan bukan berisi cairan.

3. Jika suhu tubuh bayi meningkat, Anda bisa memberikan obat penurun panas untuk membuatnya merasa lebih nyaman. Sesuaikan dosis dengan berat tubuh bayi atau terlebih dahulu konsultasikan dengan dokter.

4. Ketika gigi bayi sudah muncul ke permukaan, gosok giginya dua kali sehari dengan pasta gigi bayi yang mengandung fluoride. Bubuhkan pasta gigi seukuran biji nasi ke atas sikat gigi, ratakan di permukaan sikat gigi, lalu sikat gigi buah hati Anda dengan perlahan-lahan dan lembut.

5. Waspada dengan penggunaan botol susu karena bisa mengikis gigi susu anak. 

Bila perlu, periksakan gigi bayi ke dokter saat pertama kali muncul. Jangan lupa juga untuk rutin memeriksakan gigi anak guna menghindari masalah-masalah gigi di kemudian hari.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."