Ragam Cara Mengencangkan Kulit Wajah dari Krim hingga Laser

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kulit sehat. Shutterstock

Ilustrasi kulit sehat. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap perempuan mendambakan kulit wajah kencang. Banyak cara untuk meremajakan kulit, mulai dari produk perawatan kulit, hingga operasi. Sebenarnya kulit wajah mengendur merupakan proses alamiah yang terjadi seiring bertambahnya usia. Pada wajah, terdapat kantong-kantong lemak yang tersebar di berbagai area, seperti dahi, pelipis, pipi, serta area di sekitar wajah dan bibir.

Saat Anda tua, lemak akan menipis sehingga kantong-kantong tersebut mengendur seperti balon yang dikempiskan. Penuaan juga terjadi ketika kulit tidak lagi memproduksi banyak kolagen sehingga mengakibatkan munculnya kerutan yang diperparah dengan faktor eksternal, seperti sinar ultraviolet dan asap rokok. 

Cara mengencangkan kulit wajah yang instan bisa melalui operasi pembedahan, seperti facelift atau eyelid surgery. Namun, bersiap merogoh kocek yang tidak sedikit. Selain itu, ada cara mengencangkan kulit wajah sekaligus kulit tubuh dengan harga terjangkau.

Berikut ini sejumlah cara terjangkau untuk mengencangkan kulit wajah dan tubuh

1. Krim antipenuaan

Anda akan menemukan beragam merek krim antipenuaan, namun sebagian besar dari mereka biasanya bekerja dengan memperbaiki kolagen pada kulit. Kolagen adalah komponen pada kulit yang berfungsi menjaga elastisitasi kulit sehingga kulit tidak mudah kendur dan keriput. 

Meski demikian, jangan berharap krim ini akan memberi dampak drastis pada kulit Anda. Faktanya, krim antipenuaan hanya akan mengurangi garis-garis halus pada wajah, bahkan Anda mungkin tidak akan merasakan efeknya sama sekali.

Jadi, jika ada krim yang mengklaim dapat mengencangkan kulit kendur, jangan percaya. Para dermatologis menyatakan krim tersebut tidak bisa meresap terlalu jauh ke dalam lapisan kulit sehingga tidak mungkin memberi efek dramatis pada kekencangan kulit wajah Anda.

Namun Anda tetap dapat memilih krim yang mengandung retinoid (retinol) karena sudah terbukti dapat merangsang terbentuknya kolagen pada kulit. Semakin banyak jumlah kolagen pada kulit, semakin tipis kerutan di wajah sekaligus mencegah munculnya kerutan baru.

2. Suplemen

Tidak ada pil ajaib yang dapat mengencangkan kulit wajah dalam semalam. Namun, Anda tetap dapat mengonsumsi suplemen berikut sebagai salah satu cara mengencangkan kulit wajah secara bertahap. Misalnya hydrolysate kolagen. Selain didapat dari obat luar, kolagen juga dapat diminum untuk mengurangi efek penuaan, seperti kulit kendur dan keriput.

Asam amino yang terdapat pada protein (seperti lisin dan proline) terbukti dapat meningkatkan produksi kolagen dan vitamin C yang dibutuhkan untuk sintesis kolagen di dalam tubuh. Selain itu gelatin yang bentuknya mirip jelly atau agar-agar dan mengandung banyak glisin yang dapat memperbanyak produksi kolagen.

Ilustrasi dokter kecantikan. barrfacialplasticsurgery.com

3. Prosedur kecantikan nonbedah

Berbagai cara mengencangkan kulit wajah agar awet muda juga dapat Anda pilih ketika berkunjung ke dokter kulit maupun klinik kecantikan. Meski harganya juga tidak murah, prosedur ini biasanya menghasilkan kekencangan kulit wajah yang lebih alami dan bisa menyesuaikan kondisi kulit Anda. Meski demikian, prosedur ini biasanya memiliki efek samping berupa rasa nyeri hingga kulit kemerahan dan bengkak selama perawatan. 

Misalnya Ultrasound dengan gelombang panas yang ditembakkan ke kulit untuk merangsang tubuh memproduksi lebih banyak kolagen. Selain itu frekuensi radio: menggunakan alat khusus yang menghangatkan kulit, sehingga terasa sampai lapisan kulit yang memproduksi kolagen. Beberapa orang mengklaim cara mengencangkan kulit wajah ini dapat dirasakan langsung hasilnya, namun biasanya butuh hingga 6 bulan agar kulit wajah Anda kencang secara maksimal.

Anda juga dapat menggunakan sinar laser ditembakkan ke dalam lapisan kulit tanpa melukai jaringan di atasnya. Anda harus melakukan perawatan ini 3-5 kali dan merasakan manfaatnya setelah 2-6 bulan usai perawatan terakhir.

Beberapa cara mengencangkan kulit wajah di atas memang tidak cocok dilakukan oleh beberapa orang, termasuk oleh ibu hamil, orang yang memiliki penyakit kulit, atau sedang menjalani pengobatan tertentu.

Untuk itu, ada beberapa cara alami mengencangkan kulit wajah yang dapat Anda lakukan, yaitu: tidak merokok, mengurangi konsumsi alkohol, menggunakan pelembap yang mengandung tabir surya sebelum beraktivitas pada pagi hari, berolahraga, menjaga pola makan dengan lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan serta memperbanyak minum air putih, menjaga berat badan ideal, dan tidak melakukan tanning atau menggunakan kosmetik yang mengandung logam berat.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."