Selain Waktu Pemakaian, Apa Bedanya Krim Pagi dan Krim Malam?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan memakai pelembap. (Self)

Ilustrasi perempuan memakai pelembap. (Self)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam rutinitas produk perawatan kulit wajah terdapat krim pagi dan krim malam. Keduanya mempunyai fungsi dan kandungan berbeda, meskipun sama-sama krim bentuknya. Bilamana ada di antara Anda yang suka “nakal” memakai krim pagi di malam hari atau sebaliknya, lebih baik dihentikan mulai saat ini.

Sebab tindakan tersebut bukannya membantu kesehatan kulit wajah, sebaliknya Anda tidak bisa menikmati hasil produk yang optimal. Mengutip laman Well and Good, pakar kulit Gretchen Frieling yang berbasis di Boston, Amerika Serikat, mengatakan bahwa masing-masing krim mengandung bahan-bahan berbeda dan efektif bekerja sesuai waktu yang ditentukan.

Menurut Frieling, krim pagi biasanya mengandung SPF dan lebih ringan dari krim malam. Selain itu, juga tidak mengandung bahan-bahan tertentu yang menyebabkan fotosensitivitas (reaksi saat terpapar sinar matahari) pada siang hari.

"Krim pagi biasanya tidak mengandung bahan aktif seperti retinol, asam glikolat, atau asam alfa hidroksi yang bisa menyebabkan fotosensitivitas pada siang hari," tuturnya.

Sementara itu, kandungan krim malam lebih berat dari krim siang karena bertujuan memperbaiki dan melembapkan kulit wajah. Krim malam biasanya mengandung lebih banyak peptida dan zat aktif yang lebih kuat. Contohnya retinol yang paling baik digunakan pada malam hari karena bisa meningkatkan sensitivitas kulit terhadap matahari, bila dipakai siang hari.

“Saat tidur, kulit wajah melakukan pengangkatan yang berat, jadi jenis kandungan produk malam hari bersifat menjaga kesehatan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan semalaman," paparnya.

Frieling tidak menyarankan untuk menggunakan krim pagi pada malam hari atau sebaliknya karena khasiat dari produk tersebut tidak akan bekerja maksimal pada kulit wajah. "Jika Anda menggunakan krim malam di pagi atau siang hari, kulit Anda tidak akan terlindung dari sinar matahari. Atau sebaliknya, saat Anda memakai krim pagi di malam hari memang terasa melembapkan dan bergizi, tetapi tidak akan merasakan manfaat kandungan anti penuaan," ujarnya.

Jika tidak mau pusing menggunakan krim yang berbeda untuk pagi dan malam, Anda bisa menggunakan krim serba guna untuk pagi dan malam hari. Biasanya produk seperti itu mengandung bahan SPF, pelembap. dan anti-aging.



MARVELA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."