5 Dampak Buruk Kencan dengan Rekan Kerja, Muncul Gosip dan Drama

cinta

5 Dampak Buruk Kencan dengan Rekan Kerja, Muncul Gosip dan Drama

Kamis, 10 Oktober 2019 11:35 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Benih-benih cinta bisa timbul di mana saja, termasuk di antara rekan kerja. Intensitas perjumpaan yang sering bisa turut mempengaruhi ketertarikan satu sama lain, bila memang ada chemistry di antaranya. Namun ada sejumlah yang perlu diperhatikan bila Anda berniat memadu kasih dengan rekan kerja. Ada beberapa hal profesional yang harus tetap dijaga agar Anda dan pacar nantinya tidak terlalu terbawa emosi. Sebab sedikit banyak ke depannya, bakal ada pengaruh ke suasana profesional dengan label “kencan”

Sejumlah ahli menyarankan untuk mempertimbangkan hal-hal di bawah ini, bila Anda memutuskan menjalin hubungan dengan rekan kerja. Mereka menjabarkan dampak buruk ini agar Anda siap dengan risiko yang akan muncul. Bila Anda dan pasangan tidak bermasalah, maka rawatlah asmara di kantor secara profesional.

Sejumlah dampak buruk yang bisa muncul saat berkencan dengan rekan kerja mengutip dari laman Business Insider dan Monster.

1. Potensi drama

Dikutip dari laman Business Insider, David Brudö, CEO dan salah satu pendiri aplikasi kesehatan mental Remente, mengatakan ada beberapa risiko potensial saat Anda berkencan dengan rekan kerja. Salah satunya adalah menimbulkan drama di tempat kerja yang bisa merusak reputasi profesional Anda.

"Mengetahui bahwa, jika hubungan tidak berhasil, itu dapat menyebabkan konsekuensi yang sedikit menodai dan dapat berdampak emosional pada Anda dan rekan kerja yang menjadi pacar."

Ilustrasi pasangan kencan di kantor. (Unsplash/Paulius Dragunas)

2. Mempengaruhi rekan kerja lain

Anda mungkin berpikir ini urusan pribadi, tapi ternyata tidak. Hubungan ini juga akan mempengaruhi rekan kerja yang lain. Sebagai contoh, ketika Anda duduk bersama di kantin perusahaan, apakah orang harus memberi Anda privasi? Apakah mereka akan mengecualikan Anda dari percakapan tertentu, karena mereka tidak tahu apa yang akan Anda sampaikan ke teman kencan Anda? 

Sadar atau tidak sadar, hubungan Anda dapat mempengaruhi keputusan besar. Anda mungkin mewarnai penilaian semua orang terkait dengan promosi, proyek, pembangunan tim, dan tanggung jawab. Hubungan itu bisa saja mempersulit departemen Anda untuk beroperasi secara efektif dan profesional.

3. Naksir sungguhan atau ambil keuntungan?

Jika Anda kencan dengan seseorang yang lebih berkuasa atau atasan, bakal muncul keraguan. Anda berkencan dengan dia karena benar-benar tertarik atau hanya ingin mengambil keuntungan?

"Anda tidak bertemu si dia di sebuah bar, di mana Anda tidak tahu apa-apa tentangnya, lalu terpesona. Jadi, Anda harus benar-benar menilai berdasarkan apa ketertarikan Anda kepada rekan kerja,” telaah Tammy Nelson, konsultan dan terapis seks di situs selingkuh, Ashley Madison.

Ketika akhirnya mendapat promosi, meskipun itu karena prestasi sendiri, Anda harus siap dengan adanya risiko bahan gosip Anda memanfaatkan hubungan.

4. Bisa memicu penurunan produktivitas kerja

Kencan dengan rekan kerja bisa membuat Anda tidak produktif. Sebab Anda memikirkan seseorang yang sebenarnya ada di dekat Anda  dan selalu merasa ingin bertemu. Alhasil, bila Anda menuruti hasrat itu, Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk si dia.

5. Gosip

Salah satu risiko lain berkencan dengan rekan kerja, Anda membuka kesempatan orang lain untuk bergosip. Di awal-awal hubungan mungkin Anda masih sabar meladeni, tetapi lama-kelamaan Anda dan pasangan harus siap menerima konsekuensi menjadi topik perbincangan, bila terjadi sesuatu.

MILA NOVITA