Ciri-Ciri Bahasa Tubuh Teman Kencan Anda sedang Bosan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan berkencan. Shutterstock

Ilustrasi pasangan berkencan. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Umumnya, kencan pertama kerap dibumbui rasa kikuk dan gugup. Perlahan-lahan setelah melalui kencan kedua, ketiga, dan seterusnya akan terbentuk percikan asmara di antara Anda dan teman kencan. Namun bukan berarti pula, kencan Anda akan selalu berlangsung mulus. Ada saatnya Anda atau teman kencan bosan karena topik, tingkat emosi, atau kegiatan yang memantik rasa jenuh itu muncul. Bila kondisi itu terjadi, Anda harus lihai membaca bahasa tubuh teman kencan Anda agar bisa menghidupkan kembali suasana.

Sara Nyström, pelatih bahasa tubuh bersertifikat, mengatakan sebenarnya tidak ada tanda-tanda khusus yang bisa menunjukkan seseorang bosan. Meskipun demikian, ada beberapa bahasa tubuh yang bisa Anda tafsirkan bahwa pasangan Anda sedang bosan.

1. Melakukan hal lain

Jika teman kencan melakukan hal lain, misalnya mengirim pesan melalui ponsel, menghitung ubin atau langit-langit, itu cirinya ia sedang bosan.

Allan Pease, penulis hubungan dan pendiri Pease International, mengatakan kepada laman Elite Daily bahwa gerakan bahasa tubuh yang paling mencolok biasanya terlihat jelas seperti ekspresi wajah, gerakan lengan, dan tangan.

Jika teman kencan Anda benar-benar mengirim pesan atau melakukan hal lain, cobalah beralih lokasi atau melakukan sesuatu yang lebih aktif. Berjalan ke bar atau mengajaknya melakukan hal lain bersama.

2. Wajah kosong

Saat berkencan, akan banyak hal yang Anda bicarakan dengannya. Apakah ia mendengar pembicaraan Anda dengan senang atau terpaksa? 

Patti Wood, pakar bahasa tubuh dan penulis SNAP: Making the Most of First Impressions, Body Language, and Charisma,  menjabarkan kepada Elite Daily, menjadi pendengar bukanlah hal sulit. Tapi ketika seseorang menunjukkan pandangan kosong dan mulut terbuka yang menyerupai wajah anak kecil setelah lima jam kartun, itu artinya pikiran teman kencan tidak sedang bersama Anda. “Kurangnya ekspresi wajah menunjukkan respons emosional seseorang terhadap pesanmu adalah indikasi kuat kebosanan."

3. Postur tubuh buruk

Postur tubuh yang ideal adalah berdiri atau duduk dengan tegak. Anda patut curiga ia bosan ketika posisi duduknya mulai merosot. “Sinyal yang menunjukkan mereka bosan, mungkin berpaling dari Anda atau merosot di kursi. Kadang-kadang orang akan bersandar ke belakang dan meletakkan lengan mereka di belakang kursi,” tutur Patti Wood.

Jika melihat kencan Anda berwajah kosong, postur tubuh tidak ideal, atau tanda-tanda kebosanan lainnya, cobalah mengajukan pertanyaan pada mereka atau mengubah pembicaraan.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."