Pil Kontrasepsi Bantu Siklus Haid Teratur, Kata Dokter Kandungan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memegang pil KB. shutterstock.com

Ilustrasi wanita memegang pil KB. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah Anda sudah tahu bahwa pil kontrasepsi bisa bermanfaat untuk mengatur siklus haid teratur? Selama ini tentu kita sudah familiar dengan manfaat pil kontrasepsi untuk pengendalian kelahiran dan menyuburkan rambut. Tapi nyatanya bukan itu saja. Menurut spesialis kandungan dr. Boy Abidin menjelaskan perempuan yang mengalami haid tidak teratur dapat memanfaatkan pil kontrasepsi untuk membantu mengatur siklus, bahkan untuk remaja sekalipun.

"Kalau ada perempuan yang mengalami gangguan haid, bahkan remaja sekalipun, kalau haid tidak teratur. Jika dia tidak punya masalah yang lain atau lebih karena masalah hormonal, biasanya akan saya berikan pil KB," ujar spesialis obstetri dan ginekologi yang berpraktik di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading Jakarta itu.

Ia tidak memungkiri banyak pihak yang masih tidak mengetahui fungsi lain dari pil kontrasepsi. Bahkan, saat informasi itu disarankan kepada remaja, beberapa orang tua menolak karena takut memiliki efek samping kepada anaknya yang belum menikah.

Padahal, menurut Boy, yang dilakukan oleh pil kontrasepsi hanya akan mengatur kadar hormon tubuh untuk kembali melancarkan siklus menstruasi. Pil itu juga tidak akan dikonsumsi dalam waktu yang lama. Hanya sekitar 3 bulan dan setelah itu biasanya siklus pasien akan kembali normal.

"Jadi, ini aman digunakan untuk yang belum pernah melakukan hubungan seks," ujarnya.

Pil kontrasepsi tidak hanya membantu merencanakan kehamilan tapi juga ada manfaat lain, seperti mempertahankan berat tubuh, mengurangi rasa sakit saat haid dan berjerawat.

ANTARA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."