Jenis Perawatan Kulit Kering yang Disebabkan Cuaca Dingin

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kulit kering. Shutterstock

Ilustrasi kulit kering. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bagi Anda yang berencana liburan akhir tahun di negeri cuaca dingin, bahkan bersalju, tak hanya mementingkan daftar pakaian tebal dan hangat. Anda juga perlu memperhatikan jenis perawatan kulit kering yang bisa muncul di cuaca dingin. Selain kulit kering, risiko mudah berjerawat juga mengintai kulit wajah di musim dingin. Apa sebabnya?

"Ketika sangat kering, tubuh Anda cenderung ingin membuat lebih banyak minyak dan menciptakan sekresi hiperkompensatori," kata Dhaval Bhanusali, MD, FAAD, dokter kulit yang berbasis di New York di laman Well and Good. Jadi, pada dasarnya, kulit wajah Anda menghasilkan lebih banyak minyak untuk menciptakan rasa panas di udara yang lebih dingin.

“Bila Anda tidak mengubah rutinitas perawatan kulit yang dipakai pas cuaca panas, yakni dengan menggunakan pembersih dan toner bisa membuat kulit lebih dehidrasi. Bukan itu saja, hal itu juga mendorong produksi minyak berlebih sehingga timbul jerawat di cuaca dingin,” tutur Dr. Bhanusali.

Meskipun beberapa penelitian tentang sinar UV menunjukkan bisa membantu membunuh bakteri penyebab jerawat, tetapi Dr. Bhanusali tidak direkomendasikan hal tersebut. Sebab kerusakan akibat paparan terik sinar matahari lebih berisiko besar, seperti risiko kanker kulit.

Dr Bhanusali menyarankan untuk menyesuaikan perawatan kulit sesuai cuaca. “Banyak [tetap bebas jerawat di cuaca dingin] tetap menyesuaikan rutinitas perawatan kulitnya di tempat yang dikunjungi,”ucapnya. "Jika kulit Anda tidak dirawat dengan baik, fungsi pelindung kulit Anda juga melemah. Alhasil, pori-pori Anda akan lebih mudah menumpuk kotoran dan polusi udara yang dapat menyebabkan berjerawat."

Salah satu produk perawatan kulit di cuaca dingin adalah serba bahan yang menenangkan, kata Dr. Bhanusali. "Pertimbangkan kandungan vitamin nikotinamida, kamomil, lidah buaya, dan perawatan simpel lebih baik.”

Lebih lanjut ia menjabarkan, “Jaga rutinitas Anda lebih sederhana dan saat menggunakan pelembap jenis berat, pastikan mereka tidak mengandung kandungan komedogenik.” Dengan proteksi kulit wajah yang tepat tak hanya menjaga kesehatan wajah, tapi juga sekaligus menangkal datangnya jerawat.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."