Mencoba Meditasi Pertama Kali, Ikuti 5 Tips Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi meditasi. puer-chay.ru

Ilustrasi meditasi. puer-chay.ru

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu cara menjaga kesehatan dan pikiran menjadi tenang adalah dengan melakukan meditasi. Dengan meditasi pula tubuh menjadi lebih sehat, bugar dan awet muda. Meditasi juga dapat menjaga kekebalan tubuh dan mengurangi gejala berbagai kondisi dan penyakit berbahaya.

Beragam manfaat meditasi ini, tentu membuat Anda berniat untuk mulai lakukan meditasi setiap hari. Tapi mungkin bisa terasa sedikit menakutkan. Guru meditasi Michelle Zarrin memberikan lima tips untuk yang ingin mencoba meditasi pertama kalinya.

1. Konsistensi Adalah Kunci
Latihan mungkin tidak sempurna, tetapi penting untuk keberhasilan dalam meditasi. “Para pemula harus berkomitmen untuk menemukan jendela waktu setiap hari untuk bermeditasi dan menghasilkan kedamaian dan kejelasan sementara,” ujar Zaarin, seperti dilansir dari laman Purewow. Untuk mendapatkan manfaat jangka panjang, latihan harian diperlukan, bahkan jika Anda hanya dapat berkomitmen untuk tiga menit sehari.

2. Pikiran Anda Akan Berkeliaran Selama Meditasi
Kesalahpahaman umum tentang meditasi, kata Zarrin, adalah bahwa pikiran Anda akan selalu benar-benar mati. Terkadang, otak Anda akan benar-benar diam dan diam, tetapi di waktu lain pikiran Anda akan merajalela dengan pikiran, dan itu normal. “Inilah yang dirancang untuk dilakukan oleh pikiran, dirancang untuk berpikir,” catat Zarrin. "Melalui latihan meditasi, Anda akan belajar seni bergerak melewati pikiran, ke bagian yang tenang dari diri sendiri di mana kebenaran, tujuan, kedamaian, dan kegembiraan Anda berada."

3. Nilai Kualitas Dari Kuantitas
Ide ini sama dengan "bekerja lebih pintar, bukan lebih keras." Hanya karena Anda tidak punya waktu untuk mencurahkan waktu untuk latihan meditasi pemula Anda bukan berarti itu tidak akan berhasil. Sebaliknya, kadang-kadang terobosan terbesar Anda akan datang ketika Anda hanya memiliki lima menit di pagi hari untuk memperlambat dan memfokuskan kembali pikiran Anda. Ini bukan tentang waktu Anda bermeditasi; itu niat dan usaha.

4. Jangan Tetapkan Harapan
"Semakin banyak kita mengharapkan hasil dari latihan meditasi kita," kata Zarrin, "semakin sedikit kita akan mencapai hasil." Berharap untuk segera berubah hanya akan membuat Anda gagal. Ketahuilah bahwa akan butuh waktu untuk melihat hasilnya dan, sekonyol kedengarannya, cukup menikmati perjalanannya.

5. Tidak Ada Hal Seperti Meditasi Buruk
Zarrin mengatakan bahwa pemula tidak boleh berharap untuk menjadi ahli dalam satu hari. Mulailah dengan bermeditasi hanya satu menit sehari dan tambahkan satu menit setiap hari tambahan. “Dengan latihan meditasi, yang harus kita lakukan adalah menjaga disiplin setiap hari,” katanya. Bahkan jika Anda merasa tidak mendapatkan sesuatu dari menit-menit penuh perhatian Anda pada awalnya, Anda masih dalam tahap dasar untuk latihan yang sukses.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."