Bermain dengan Anak-anak dan 3 Kegiatan Ini Bisa Mengasah Otak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi Ayah dan Ibu bermain dengan anak. Shutterstock.com

Ilustrasi Ayah dan Ibu bermain dengan anak. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mengasah otak kerap digambarkan dengan kegiatan yang besar dan berat. Hal itu tidak sepenuhnya benar sebab ada berbagai kegiatan yang mudah dan menyenangkan yang berdampak pada ketajaman berpikir. 

Melansir dari laman Healthfully dan Health Line, berikut adalah lima di antaranya.

1. Bermain dengan anak-anak

Saat saudara meminta Anda untuk mengasuh anak-anaknya, janganlah ditolak. Sebab bermain bersama anak-anak tidak hanya memberi kesempatan Anda ikut berimajinasi, tapi juga membantu mengamati bagaimana anak-anak menyampaikan ketidaksetujuan mereka tanpa harus dipolitisasi seperti di kantor.

2. Menjadi relawan

Apakah itu mendonasikan waktu Anda untuk sebuah organisasi atau orang yang memerlukan, menjadi relawan adalah salah satu cara untuk menghargai diri sendiri. Selain itu, menjadi relawan juga merupakan cara terbaik untuk belajar tentang kerja sama tim dan keahlian memimpin, mengasah kemampuan komunikasi dan bahkan memilih keahlian baru yang mungkin berguna untuk lingkungan kerja Anda.

3. Melakukan yoga dan meditasi

Kegiatan ini tentu saja baik untuk tubuh dan jiwa, selain itu yoga dan meditasi bisa memperbaiki postur, keseimbangan dan kepercayaan diri. Selain itu yoga dan meditasi juga memberikan Anda waktu untuk berdiam diri dan lepas dari segala kekacauan di kantor atau berpikir soal trik-trik kotor yang dilakukan orang lain.

4. Ikut olahraga tim

Cobalah bergabung dengan klub olahraga lokal atau bermain bersama teman bersama-sama setiap minggunya. Tidak hanya Anda akan mendapatkan keuntungan fisik dan emosi, tapi berolahraga dengan tim seperti sepakbola dan basket akan membantu menguatkan kerja sama dan keahlian sebagai pemimpin, sementara berpikir bagaimana memenangkan pertandingan.

5. Mengisi teka-teki silang

Jenis permainan seperti ini bisa Anda simpan di dalam tas. Ada berbagai jenisnya yang dapat Anda coba seperti teka-teki silang, sudoku atau bahkan Anda bisa mengunduhnya di telepon pintar atau tablet Anda. Lakukan kegiatan ini dan rasakan kekuatan otak bekerja untuk menjawab teka-teki.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."