3 Tips saat Belanja Foundation, Termasuk Jenis Kulit Wajah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan pakai foundation. (Cheatsheet)

Ilustrasi perempuan pakai foundation. (Cheatsheet)

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaFoundation merupakan lapisan kuncian saat merias wajah. Oleh karena itu, pentingnya memilih warna dan bahan foundation yang sesuai kulit wajah Anda. Agar Anda tidak terjerembab memilih foundation yang salah, perhatikan tiga hal penting saat belanja foundation, yaitu jenis kulit, kadar coverage hingga warna. Penata rias Gabriel De Santino, pencipta Gabriel Cosmetics membagikan tipsnya agar memilih foundation yang tepat.

Melansir laman Well and Good berikut ini beberapa tips saat belanja foundation

1. Warna

Hal pertama saat memilih foundation, pastikan Anda mencocokkan dengan warna kulit wajah Anda. "Selalu coba sampel sebelum Anda membeli suatu produk — ujilah pada beberapa area wajah Anda jika memungkinkan," ucap De Santino. Ingatlah bahwa ada bagian-bagian di wajah Anda yang berbeda warnanya. Misalnya, dahi Anda cenderung jauh lebih gelap daripada leher Anda, jadi putuskan mana yang ingin Anda sesuaikan saat makeup.

2. Jenis kulit

Saat memilih formula foundation, jenis kulit adalah hal nomor satu yang perlu diingat. "Tergantung pada apakah kulit Anda termasuk dalam kategori kering, berminyak, atau kombinasi, Anda akan membutuhkan jenis foundation yang berbeda," tutur De Santino.

Jika kulit Anda cenderung menjadi berminyak, jauhi formula foundation berbasis minyak. Bila Anda berwajah kering, hindari apa pun dengan lapisan matte yang bisa membuat wajah Anda terlihat seperti cakey. Namun, apa pun formulasi yang Anda pilih, selalu persiapkan kulit Anda dengan pelembap, primer, atau keduanya, agar foundation teraplikasi secara sempurna.

3. Tingkatan coverage

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah tingkatan coverage yang kerap disesuaikan dengan gaya personal si pemakai. "Jika Anda memiliki kulit yang bagus tetapi ingin meratakan warna kulit, coverage tipis hingga terang sangat ideal. Bagi mereka yang membutuhkan coverage lebih banyak, kami sarankan coverage foundation menengah ke penuh," tandas De Santino.

Bagi Anda yang belum memutuskan tingkatan coverage yang diinginkan, pilihlah produk dengan coverage berat. Jadi, Anda bisa mendapatkan dua keuntungan sekaligus. Saat ingin coverage ringan hingga terang, aplikasikan dengan kuas berbulu. Sementara bagi yang ingin tampilan coverage penuh gunakan jari-jemari Anda.

https://www.wellandgood.com/good-looks/how-to-find-a-foundation/

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."