5 Hal Penting Sebelum Memberi Pinjaman Uang Kepada Teman

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi teman wanita. Unsplash/Trung Thanh

Ilustrasi teman wanita. Unsplash/Trung Thanh

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada kalanya Anda menghadapi situasi saat teman mengalami kesulitan untuk urusan ekonomi. Saat itu, teman Anda kemudian mengungkapkan keinginan untuk meminjam uang kepada Anda. 

Sebagai teman yang baik, Anda tentu ingin membantunya. Tapi, jika Anda bingung memutuskan untuk memberi pinjaman atau tidak, ada beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan. 

Melansir laman Purewow, ada 5 hal yang dapat dipertimbangkan saat teman meminjam uang.

#1. Kondisi keuangan pribadi
Pertanyaan ini adalah masalah besar karena, intinya Anda perlu memastikan bahwa berapa pun jumlah yang diberikan tidak akan mengubah kondisi finansial. Ini berarti tak hanya meninjau saldo dan anggaran, tapi juga hal lain seperti tabungan darurat dan tagihan mendatang. Anda juga perlu mempertimbangkan hal lain di luar pengeluaran rutin, seperti mulai dari perbaikan mobil hingga liburan. Jika Anda memutuskan untuk meminjamkan uang kepada teman, pastikan untuk menambahkan pinjaman ke anggaran Anda sehingga itu merupakan pengeluaran yang diperhitungkan.

#2. Alasan teman membutuhkan pinjaman
Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui terlebih dulu. Apakah dia hanya sekali meminjam uang atau apakah orang tersebut berpotensi akan berutang lagi? Apakah uang tunai yang Anda pinjamkan untuk situasi darurat, masalah medis atau masalah perawatan anak atau Anda membantu orang ini melunasi hutang lain yang tidak mampu dibayar? Apa pun alasannya, ini adalah kunci untuk memahami perilaku keuangan mereka sehingga Anda dapat membuat keputusan yang jelas. Intinya: Jika Anda tidak merasa nyaman dengan alasannya, jangan meminjamkan uang.

#3. Risiko hubungan pertemanan 
Tidak ada yang mau bicara soal uang. Tetapi karena masalah utang ini bisa menambah elemen bisnis dalam persahabatan dan Anda harus bersiap untuk segala ketegangan yang mungkin terjadi. Salah satu cara untuk mengurangi kecanggungan adalah bersikap jernih satu sama lain di pasak pinjaman. Ini berarti segalanya, dari menyiapkan rencana pembayaran  hingga membicarakan bagaimana Anda akan menangani pembayaran yang terlambat.

#4. Rencana pembayaran?
Sekarang setelah Anda serius mempertimbangkan untuk memperpanjang pinjaman, tidak masalah seberapa dekat persahabatan, Anda perlu menguraikan secara spesifik perjanjian dan menuliskannya juga. Pikirkan: Jumlah pembayaran bulanan dan batas waktu pinjaman akan dilunasi sepenuhnya.

#5. Skenario terburuk jika teman tak bisa membayat
Dengan kata lain, apa yang terjadi jika teman Anda tidak dapat membayar utang? Bisakah Anda menangani keuangan Anda sendiri? Apakah itu akan menghancurkan hubungan Anda? Banyak ahli keuangan mendorong calon pemberi pinjaman untuk memikirkan pinjaman kepada teman sebagai hadiah. Jika Anda dibayar kembali, itu berita bagus; tetapi jika tidak, Anda masih merasa baik-baik saja tentang hal itu dan tidak meninggalkan dendam.

Cara menolak memberikan pinjaman dengan baik
Mungkin Anda mampu membantu dengan pinjaman pribadi kepada teman. Mungkin kamu tidak bisa. Tetapi, jika Anda cenderung mengatakan tidak — bahkan setelah memeriksa ulang pertanyaan-pertanyaan di atas — tidak apa-apa karena itu juga hak Anda.

Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan langsung. Coba katakan: "Saya tidak bisa memberikan pinjaman sekarang” "Saya tidak merasa nyaman meminjamkan uang. Maaf saya tidak bisa membantu. ”Anda tidak harus memberikan alasan (bagaimanapun juga itu adalah uang Anda), tetapi Anda dapat menawarkan bantuan dengan cara lain menghubungkan mereka dengan seseorang yang benar-benar pandai dalam strategi menabung dan mungkin dapat memberi saran / melihat keuangan mereka, misalnya.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."