Mau Coba Pakai Concealer Tanpa Foundation? Ikuti 6 Langkah Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Concealer. shutterstock.com

Concealer. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Concealer salah satu produk makeup yang dicari perempuan untuk menutup sempurna bekas jerawat, bintik hitam, mata panda hingga kemerahan di kulit wajah. Beragam pula bentuk concealer mulai dari stik, liquid hingga krim. Biasanya concealer diaplikasikan setelah pemakaian foundation. Namun beberapa penata rias menawarkan tips pemakaian concealer tanpa foundation. Tertarik mencoba?

Mari ikuti sejumlah tips yang dibagikan seperti dilansir dari laman Well and Good.

1. Siapkan kulit Anda

Langkah pertama, menurut penata rias selebriti Aliana Lopez, adalah memastikan kulit Anda siap dan dilembapkan. "Dengan dua kondisi ini akan membantu concealer menyerap sempurna di kulit wajah," ucapnya.

2. Pilih warna concealer yang tepat

Banyak orang sering direkomendasikan memilih warna concealer yang sedikit lebih terang dari foundation mereka, tetapi menurut pakar kecantikan Jeannie Vincent itu adalah mitos yang dapat menimbulkan efek bercak-bercak yang dihindari para perempuan. Untuk menemukan warna yang mendekati warna kulit Anda , katanya, "pastikan untuk menguji produk di siang hari. Concealer sejatinya harus menyerap ke kulit Anda."

3. Pilih formula concealer medium

Saat Anda menggunakan concealer tanpa foundation, mungkin Anda tergoda menambah elemen lain yang lebih kuat, tetapi Vincent mengatakan cukup memilih produk jenis medium menuju full coverage. "Contohnya concealer  AF akan terlihat aneh tampilannya ketika dipasangkan dengan kulit wajah tanpa foundation," urainya. "Gunakan sesuatu yang sedikit lebih mirip cat, sedikit lebih melembapkan dan  mudah dibentuk."

Ingatlah, tingkat coverage concealer berdasarkan formula, bukan berdasarkan jenis concealer. Tetapi ketika memilih antara stik, krim atau palet, Vincent berbagi tips, “concealer solid atau stik lebih cepat kering. Stik baik untuk menutup noda hitam dan concealer liquid sedikit lebih krim dengan tidak terlalu tebal coverage.”

Concealer. shutterstock.com

4. Cara menerapkan concealer

"Gunakan jari manis Anda untuk mengetuk concealer di bawah mata," Vincent merekomendasikan. "Kuas dapat digunakan, tetapi kehangatan jari Anda akan lebih baik dalam melelehkan produk ke dalam kulit, sehingga menciptakan coverage yang merata dan lebih tak terlihat."

Bagi Anda ingin menggunakan kuas, Vincent menyarankan untuk menggunakan kuas yang ujung pensilnya tipis. “Tetap aplikasikan dengan cara mengetuk atau tab-tab sedikit concealer. Pastikan Anda tidak menyeret atau memindahkan concealer dengan kuas,” urainya. Bagi penggemar beauty blender, penata rias Chauntal Lewis menyarankan spons dalam kondisi lembap, “dengan kondisi itu concealer akan lebih menyerap,” paparnya.

5. Concealer pengoreksi warna

Langkah ini opsional, tetapi Anda dapat menggunakan concealer pengoreksi warna, jika Anda ingin menetralkan bintik-bintik merah atau gelap. Penata rias selebriti Aliana Lopez salah satu penggemar concealer pengoreksi warna. "Concealer berwarna merah muda dengan warna biru dan ungu di kulit yang lebih terang, sementara concealer berwarna oranye merah membantu menghilangkan area gelap pada kulit yang lebih gelap," tukasnya.

6. Lapisan akhir dengan translucent powder

Lopez merekomendasikan untuk memakai translucent powder sebagai tahap akhir untuk memperkuat concealer. Pakar kecantikan Jeannie Vincent menyarankan cara penerapan translucent powder dengan ditepuk-tepuk agar Anda tidak menyeret keluar concealer dari area yang ingin Anda tutupi.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."