Tips Menyamarkan Noda dengan Concealer agar Wajah Tampak Alami

Reporter: Antara
Editor: Yayuk Widiyarti
Kamis, 18 April 2019 15:05 WIB
Tips Menyamarkan Noda dengan Concealer agar Wajah Tampak Alami

CANTIKA.COM, Jakarta - Concealer adalah kosmetik andalan untuk menghilangkan lingkaran hitam atau menyembunyikan bintik-bintik tak diinginkan dan mendapatkan efek riasan no-make up. Tampilan wajah pun lebih alami.

Vogue melansir cara-cara menyamarkan penggunaan concealer untuk menghasilkan make up yang tanpa cela alias flawless.

Artikel lain:

Tips Makeup Supaya Concealer Menyatu dengan Warna Kulit

#Buat kulit wajah semulus mungkin
Bersihkan dan lembapkan kulit secara menyeluruh dengan pelembap yang padat namun ringan, seperti Hydra Zen Lancome, kata penata rias Nick Barose, yang pernah merias Lupita Nyong'o, Priyanka Chopra, dan Rachel Weisz.

"Saya menggunakan waslap hangat untuk menggosok kulit kering," kata Barose.

Atau kalau masih ada waktu, Make Up Artist Vincent Oquendo menyarankan agar kliennya menggunakan scrub sebelum membubuhkan serum vitamin A di wajah untuk menambah kelembapan kulit.

"Itu akan menyerap masuk dan tak akan menebalkan kulit, jadi concealer tak akan belepotan nantinya," katanya. Jika akan menggunakan alas bedak, maka harus dipakai lebih dulu secara merata, termasuk di bawah mata.

Kylie Jenner meluncurkan 30 warna concealer terbaru. instagram.com

#Kenali warna kulit
Oquendo mengatakan jika undertone atau warna kulit dasar tak cocok, maka concealer akan terlihat abu-abu atau mencolok. Jika punya warna kulit yang hangat maka carilah undertone warna kuning atau oranye. Warna kulit dingin pakai merah muda. Selain itu, warna concealer berbeda dipakai untuk bagian wajah yang berbeda pula.

"Di bawah mata gunakan produk yang memiliki formula untuk memantulkan cahaya yang warnanya lebih muda dari kulit wajah untuk mencerahkan area itu," kata Barose. "Untuk sisanya, gunakan formula yang lebih kental dan cocok warnanya."

#Pakai concealer dari sudut dalam mata ke arah luar
“Tak perlu menutup semua bagian bawah mata dengan concealer, cukup bagian yang hitam," kata MUA Romy Soleimani. "Biasanya itu adalah sepertiga bagian dalam mata dan sedikit di sudut luar."

Aplikasikan produk dengan sikat bulu sintetis kecil dan kemudian gunakan bantalan ujung jari untuk mencampurnya dengan hati-hati.

"Sangat penting untuk tidak terlalu dekat dengan bulu mata bagian bawah sehingga tidak ada penumpukan atau garis keras," katanya. "Dan juga pastikan untuk mendapatkan sisi hidung yang mengenai sudut dalam mata."

Jika area di bawah mata membutuhkan pencerahan ekstra, Soleimani menetralisirnya dengan korektor warna berbentuk krim berwarna kuning muda.

Baca juga:

Tips Pakai Concealer yang Tepat Versi Makeup Artist Ryan Ogilvy

 

#Hati-hati jerawat
Untuk bagian yang ada jerawatnya, Oquendo mengaplikasikan primer matte lebih dulu. "Jerawat pada dasarnya sudah terlalu banyak memproduksi minyak, jadi jangan ditambahi," jelasnya. Setelah itu, ambil concealer di jari dan ratakan di bagian yang berjerawat.

#Pakai kertas minyak
Pakai kertas minyak untuk menghilangkan kilau. Setelah itu Soleimani menggunakan kuas kecil berbentuk kubah untuk mengaplikasikan bubuk setting make up di bawah mata dan di sekitar hidung. Untuk efek mencerahkan dengan sedikit kilau, Oquendo menyarankan pakai produk Secret Brightening Powder dari Laura Mercier.