5 Manfaat Chia Seed Turunkan Berat Badan dan Kadar Gula Darah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi chia seed (pixabay.com).jpg

Ilustrasi chia seed (pixabay.com).jpg

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Varian jenis makanan sehat terus dicari dan digemari oleh masyarakat. Salah satu contoh makanan sehat yang sedang menanjak popularitasnya adalah chia seed, biji-bijian hitam kecil yang berasal dari tanaman Salvia hispanica (keluarga tanaman mint). Meski ukurannya kecil, biji-bijian ini memiliki gizi yang besar dan rendah kalori sehingga sering dijadikan menu diet.

Selain untuk diet, chia seed memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat melawan radikal bebas. Berikut beberapa manfaat chia seed yang perlu Anda ketahui.

1. Membantu menurunkan berat badan

Banyak yang percaya bahwa chia seed dapat membantu menurunkan berat badan. Mengonsumsi chia seed dapat memperlambat penyerapan makanan sehingga meningkatkan rasa kenyang. Hal ini dianggap dapat membantu dalam penurunan berat badan.

Selain itu, protein dalam chia seed juga bisa membantu mengurangi nafsu makan sehingga asupan makanan ketika makan selanjutnya akan berkurang. Biji ini dianggap dapat menjadi tambahan yang bermanfaat untuk diet.

2. Menurunkan risiko penyakit jantung

Kandungan serat, protein, dan omega-3 yang tinggi pada chia seed dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa biji chia secara signifikan mengurangi tekanan darah pada penderita hipertensi yang menjadi faktor risiko dari penyakit jantung. Namun, hal ini tentu harus dibarengi dengan pola hidup dan makan yang sehat.

3. Menurunkan kadar gula darah

Studi menunjukkan bahwa chia seed mampu menurunkan kenaikan gula darah setelah mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat. Mengonsumsi roti yang mengandung chia seed dapat menurunkan kenaikan gula darah setelah makan, dibandingkan dengan roti yang tidak mengandung chia seed. Ini tentu dapat bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2.

4. Menjaga kesehatan tulang

Chia seed mengandung banyak nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan tulang, termasuk kalsium, fosfor, magnesium, dan protein. Chia seed dianggap sebagai sumber kalsium yang sangat baik bagi orang yang tidak mengonsumsi susu. Namun, chia seed juga mengandung asam fitat yang dapat mengurangi penyerapan kalsium sampai batas tertentu.

5. Melancarkan pencernaan

Chia seed merupakan salah satu makanan tinggi serat terbaik. Mengonsumsi makanan tinggi serat telah terbukti mengurangi tekanan dan peradangan di usus besar. Selain itu, juga dapat mencegah sembelit dan meningkatkan pergerakan usus sehingga pencernaan menjadi lancar.

Namun, beberapa manfaat ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan lebih jauh kebenarannya. Sebab, tidak semua manfaat chia seed dapat dirasakan oleh setiap orang.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."