Manfaat Mengonsumsi Chia Seed, Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan

Reporter: Astari Pinasthika Sarosa
Editor: Yunia Pratiwi
Sabtu, 20 April 2019 11:36 WIB
Manfaat Mengonsumsi Chia Seed, Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan

CANTIKA.COM, Jakarta - Biji chia atau yang dikenal chia seed sekarang menjadi sangat populer untuk dikonsumsi dengan berbagai macam makanan dan minuman, seperti sup, salad, bubur oat, jus, dan yoghurt. Banyak yang mengatakan kalau chia seed memiliki berbagai manfaat positif untuk tubuh.

Baca juga: Membedah Kegunaan Superfood Chia Seed dan Daun Kelor

Chia seed adalah biji-bijian kecil berwarna hitam, berasal dari tanaman Salvia hispanica L. Walaupun rasanya cenderung hambar, chia seed menjadi salah satu makanan organik favorit. Melansir laman Women’s Health, chia seed kaya akan nutrisi, dari protein sampai asam lemak omega-3. Selain itu chia seed juga mengandung banyak fiber yang bagus untuk menurunkan berat badan.

Tentu saja, menurunkan berat badan tidak hanya bisa dilakukan dengan diet dan makan chia seed. Untuk menurunkan berat badan dengan cara yang sehat, harus memperhatikan keseluruhan diet sehari-hari dan berolahraga secara rutin.  

“Tidak ada satu makanan atau bahan yang bisa menjadi solusi satu-satunya untuk diet, jadi kalau Anda berharap chia bisa menjadi solusi untuk masalah kesehatan atau katalis untuk penurunan berat badan yang dramatis, sebaiknya pergi ke seorang ahli diet untuk mendukung tujuan individu,” kata Cara Harbstreet, Ahli Diet dari Smart Nutrition Street.

Walaupun bisa membantu penurunan berat badan dan kaya akan berbagai nutrisi, perlu diperhatikan juga kalau mengonsumsi chia seed sebaiknya jangan langsung dalam porsi yang besar. Chia seed memiliki kandungan fiber yang tinggi, karena itu bila dikonsumsi terlalu banyak bisa menyebabkan diare. Chia seed juga bisa membuat Anda merasa cepat kenyang, karena itu paduan yang terbaik adalah dengan makanan-makanan sehat yang sudah memiliki berbagai nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh.