7 Pemicu Munculnya Kantong Mata, Termasuk Mengucek Mata

FPC. Kantong Mata. shutterstock.com

kesehatan

7 Pemicu Munculnya Kantong Mata, Termasuk Mengucek Mata

Jumat, 13 September 2019 14:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Selain mata panda, kantong mata kerap menganggu penampilan di wajah. Bila mata panda bisa disamarkan dengan perpaduan concealer dan foundation yang tepat, hal itu tidak bisa diterapkan pada kantong mata. Cara mengatasinya adalah menghindari sejumlah penyebab timbulnya mata bengkak. Bila kondisi tidak ada perubahan setelah satu hari, langsung konsultasikan ke dokter. Anda perlu ingat, mata adalah organ paling rapuh dan sensitif yang ada di wajah dengan keberadaan tulang rawan dan saraf yang ada di belakangnya.

Melansir laman Pinjk Villa, berikut ini sejumlah pemicu timbulnya kantung mata.

1. Lupa menghapus makeup

Kita semua memiliki satu momen malas ketika tertidur masih menggunakan makeup. Jika tidur tanpa membersihkan makeup bisa mengiritasi kulit di bawah mata yang kebetulan sangat sensitif, sehingga menyebabkan bengkak di pagi hari ketika Anda bangun.

2. Memakai pelembap secara berlebihan

Bisa jadi Anda mengoleskan krim pelembap terlalu banyak di area bawah mata demi menghidrasi kulit secara optimal. Tindakan berlebihan ini bisa memicu kantong mata. Agar krim pelembap tidak berlebihan pastikan dengan pijatan lembut di area bawah mata untuk meratakannya.

3. Obat tetes mata

Anda menggunakan obat tetes mata tanpa resep untuk menjaga kebersihan mata, namun perlu diperhatikan pula ada beberapa obat tetes mata ini yang sering membuat mata Anda iritasi dan menyebabkan retensi air. Bila muncul kantong mata, itu pertanda tidak cocok menggunakan produk tersebut.

4. Lensa kontak

Anda lebih suka memakai lensa kontak daripada kacamata memang diperbolehkan, tapi perlu diingat jika terlalu lama memakainya bisa membuat mata iritasi dan retensi air. Hindari pemakaian lensa terlalu lama dan awasi tanggal kadaluwarsa lensa kontak Anda.

5. Kurang Tidur

Anda mungkin merasa bahwa 6 jam tidur sudah cukup, tetapi sebenarnya tidak untuk kesehatan organ tubuh, termasuk mata. Jika Anda tidak cukup tidur, mata Anda bisa membengkak dan menahan air, itulah penyebabnya Anda bangun dengan kantong mata.

6. Tidak merawat kulit khusus di area mata

Rutinitas perawatan kulit wajah Anda bisa jadi sudah rapi, tetapi Anda melongkapi detail perawatan mata. Mata Anda juga perlu masker dingin untuk mata, seperti mentimun.

7. Mengucek mata

Anda sering mengucek mata saat merasa gatal. Ketika Anda melakukan ini, secara tidak sengaja Anda menyebabkan banyak kerusakan pada mata, kemampuan melihat, dan kulit sensitif di bawah mata Anda.