Kebiasaan yang Mengganggu Penglihatan, Makeup Mata Salah Satunya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi alis dan mata. Shutterstock

Ilustrasi alis dan mata. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Terkadang kita menyepelekan kesehatan mata dengan berbagai hal yang dianggap lebih penting. Padahal mata adalah salah satu organ penting tubuh kita.

Beberapa kebiasaan yang kita lakukan justru membuat kesehatan mata menjadi taruhannya. Berikut deretan kegiatan yang berisiko pada kesehatan mata seperti dikutip dari laman Boldsky.

1. Tidak pakai kacamata
Menurut American Optometric Association, berada di bawah terik matahari tanpa memakai kacamata hitam membuat paparan sinar ultraviolet dapat menyebabkan fotokeratitis. Kondisi ini tidak menyebabkan kerusakan permanen pada mata, tapi memicu mata merah dan mengganggu kepekaan mata terhadap cahaya.

2. Memakai gadget di malam hari
Sebaiknya tidak menatap layar gadget dalam waktu yang lama karena menyebabkan mata berair dan tegang. Kondisi ini disebut juga sebagai strain mata digital. Penggunaan perangkat elektronik yang berlebihan membuat mata terpapar cahaya biru dan dapat mengganggu siklus tidur.

3. Kurang makan sayur dan buah
Sayur dan buah mengandung antioksidan dan vitamin yang penting untuk melindungi mata. Kandungan vitamin C, vitamin E, seng, dan vitamin A mampu menjaga kesehatan mata.

4. Penggunaan tetes mata
Sebaiknya pakai obat tetes mata berdasarkan resep dokter. Jika memakai obat tetes mana non-resep, maka potensi iritasi pada mata bisa lebih besar.

5. Mengucek mata
Mengucek mata memang membuat mata terasa lebih baik untuk sesaat. Tapi jika menggosok terlalu kencang dapat menyebabkan goresan dan distorsi kornea. Kornea mata sangat sensitif dan dapat tergores dengan mudah jika sesuatu masuk ke mata.

6. Kurang tidur
Kurang tidur akan mengganggu sirkulasi cairan mata dan dapat memicu mata bengkak, mata kedutan, dan saraf mata menegang.

7. Merawat lensa mata
Jika kamu memakai lensa mata atau contact lens, maka perhatikan kebersihannya dan selalu lepas sebelum tidur. Jika tidak, mata akan berisiko mengalami kekeringan, iritasi, dan infeksi. Membersihkan lensa kontak juga penting untuk menghilangkan bakteri.

8. Makeup berlebihan
Hati-hati jika menggunakan makeup di daerah mata. Cukup pulaskan tipis-tipis supaya tidak menutup pori-pori kulit dan menghalangi produksi kelenjar minyak pada kelopak mata. Perhatikan juga masa pemakaian produk makeup, terutama pada mata agar tidak melewati batas kedaluarsa.

Baca juga:
Menonton Televisi Bikin Mata Kering, Atasi dengan 3 Cara Ini
Makeup Ria Ricis, yang Kulit Sawo Matang dan Mata Sayu Wajib Tahu

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."