Selain Tempe, Berikut Ini 15 Sumber Protein untuk Diet Vegetarian

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi sayuran. TEMPO/Aditia Noviansyah

Ilustrasi sayuran. TEMPO/Aditia Noviansyah

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu diet yang tetap tinggi peminatnya adalah diet vegetarian. Diet ini merupakan salah satu alternatif pola makan sehat yang menggantikan sumber protein hewani menjadi sumber protein non-hewani. Selain kedisiplinan dalam menjaga pola makan sehat, tantangan lain yang kerap melanda orang diet vegetarian adalah bosan menyantap makanan sumber protein yang itu-itu saja.

Bagi Anda yang mulai bosan atau sedang mencari daftar sumber protein untuk diet vegetarian, berikut ini 16 sumber protein yang siap mewarnai makanan diet Anda.

1. Brokoli

Tidak hanya menjadi sumber protein, brokoli dapat menjadi salah satu menu makanan yang rendah kalori serta tinggi antioksidan untuk menyokong pola makan sehat Anda. Mengonsumsi brokoli mampu menjaga kesehatan dengan menurunkan kolesterol dan membantu kinerja ginjal untuk mendetoksifikasi racun dalam tubuh. 

2. Bayam

Sayuran lain yang dapat dijadikan sumber protein diet vegetarian adalah bayam. Selain menjadi sumber protein, bayam mengandung asam amino yang lengkap dan kaya akan antioksidan.

3. Seitan

Seitan dikenal sebagai ‘daging palsu’ atau pengganti daging asli yang memiliki tekstur dan rasa yang hampir serupa dengan daging asli. Seitan terbuat dari gluten yang berasal dari gandum dan dapat dicampur ataupun dikonsumsi sebagai hidangan utama. Namun, bagi Anda yang memiliki penyakit celiac, alergi gluten, ataupun menderita intoleransi gluten, sebaiknya memilih sumber protein lainnya, karena seitan berbahan dasar gluten.

4. Produk berbahan dasar kacang kedelai

Tahu, tempe, dan susu kedelai adalah tiga produk berbahan dasar kacang kedelai yang sudah populer dijadikan pilihan utama sumber protein diet vegetarian. Untuk susu kedelai, bila Anda sedang menjaga kesehatan dengan mengurangi konsumsi gula, maka pilihlah susu kedelai yang tidak diberikan tambahan gula. 

5. Kentang

Siapa bilang kentang hanya bisa menjadi pengganti karbohidrat selain nasi? Kentang juga dapat menjadi sumber protein pengganti daging bagi orang-orang yang mengikuti diet vegetarian.

6. Biji chia

Biasanya dijadikan tambahan atau campuran pada makanan dan minuman, biji chia (chia seed) dapat ditambahkan ke dalam menu sehari-hari sebagai sumber protein tambahan. Khasiat biji chia tidak hanya terletak pada kandungan protein, tetapi juga pada kandungan asam amino omega-3 dan serat yang berperan dalam menjaga kesehatan.

Kacang Almond. (sheknows.com)

7. Kacang-kacangan

Salah satu sumber protein lain yang juga sering dijadikan alternatif sumber protein diet vegetarian adalah kacang-kacangan. Selain menjadi sumber protein, kacang-kacangan dapat menjadi sumber lemak dan serat bagi tubuh. Contohnya kacang tanah dan kacang almond.

8. Asparagus

Asparagus umumnya ditemukan dalam hidangan sup atau kuah dapat dijadikan salah satu pilihan sumber protein yang bergizi. Tidak hanya sebagai sumber protein, asparagus dapat menjadi makanan prebiotik yang berfungsi untuk menjaga kesehatan pencernaan.

9. Jamur

Selain tahu dan tempe, jamur juga sering dijadikan sumber protein pengganti daging untuk orang-orang yang sedang mengikuti diet vegetarian atau diet vegan. Jamur biasanya digunakan sebagai pengganti daging karena memiliki rasa dan tekstur yang serupa dengan daging. Akan tetapi, bila dibandingkan dengan sumber protein pengganti daging lainnya, kandungan protein dalam jamur tergolong rendah.

10. Quinoa

Selain biji chia, makanan sehat lainnya yang sedang populer adalah quinoa. Tidak hanya sumber protein, zat besi, fosfor, mangan, magnesium, dan serat untuk orang-orang yang mengikuti diet vegetarian.

11. Sawi hijau

Sawi hijau merupakan salah satu sayuran yang paling sering digunakan dan dijumpai dalam menu makanan sehari-hari. Selain murah dan mudah didapatkan, sawi hijau dapat menjadi sumber protein yang baik untuk orang-orang yang menjalani diet vegetarian.

12. Bok choy

Sayuran ini dapat menjadi sumber protein yang baik untuk menjaga kesehatan orang-orang yang menerapkan diet vegetarian. Bok choy merupakan salah satu sayuran yang tinggi antioksidan, terutama pada daun bagian luarnya. Anda bisa mencoba menumis, merebus, atau menambah jumlah bok choy yang dicampur bersama makanan lainnya. 

13. Kembang kol

Serupa dengan brokoli, kembang kol adalah salah satu sumber protein yang rendah kalori serta kaya antioksidan yang cocok untuk dimasukkan ke dalam pola makan sehat diet vegetarian. Kembang kol bahkan bisa dijadikan alternatif karbohidrat yang rendah kalori.

14. Spirulina

Spirulina terbuat dari ganggang laut yang berwarna biru kehijauan serta dianggap sebagai salah satu makanan superfood yang sangat bernutrisi. Spirulina bisa menjadi sumber protein tambahan untuk orang-orang yang mengikuti diet vegetarian. Anda bisa menjumpai spirulina dalam bentuk bubuk maupun dalam bentuk tablet atau pil sebagai suplemen. 

15. Kacang polong

Kacang polong yang dijadikan tambahan atau hidangan sampingan memiliki kandungan protein yang tinggi baik untuk diet vegetarian. Hal yang lebih mengejutkan lagi, satu cangkir kacang polong (250 ml) memiliki 9 gram protein yang sedikit lebih banyak dari secangkir susu.

16. Oat

Oat bukan hanya dapat menjadi pengganti karbohidrat yang rendah kalori atau sebagai menu sarapan sehat, tetapi juga bisa menjadi sumber protein. Meskipun oat tidak memiliki kandungan protein yang lengkap tetapi oat memiliki kandungan protein yang berkualitas.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."