Atasi Kulit Wajah Berminyak, Coba Madu dan 5 Bahan Alami Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi madu. shutterstock.com

Ilustrasi madu. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kulit wajah berminyak disebabkan oleh produksi minyak yang berlebih atau tersumbatnya pori-pori di kulit wajah. Untuk mengurangi minyak berlebih tersebut, dari segi pemilihan produk perawatan kulit dan rutinitas kecantikan diarahkan lebih selektif. Memilih bahan dan tindakan yang tidak memicu produksi minyak. Selain merombak rutinitas perawatan kulit, bagi Anda yang suka menjalani perawatan berbahan alami bisa ambil manfaat dari sejumlah bahan.

Tapi perlu diingat bahwa risiko iritasi dan alergi tetap ada. Berhati-hatilah saat mencoba mempraktikkan ramuan ini, segera hentikan penggunaan bahan-bahan alami tersebut, apabila muncul reaksi alergi ataupun iritasi seperti gatal dan kemerahan.

Berikut ini enam ramuan alami untuk kurangi produksi minyak berlebih di wajah.

1. Tumbuk kacang almond

Kacang almond yang ditumbuk, dapat memicu terjadinya pengelupasan sel kulit mati dan menyerap minyak berlebih di wajah. Gunakan almond tumbuk sebagai masker, dengan langkah-langkah di bawah ini.

  • Haluskan almond, hingga berbentuk bubuk sebanyak tiga sendok teh.
  • Campurkan bubuk almond dengan 2 sendok makan madu mentah.
  • Oleskan ke wajah dengan gerakan memutar.
  • Cuci wajah dengan air hangat dan keringkan.

2. Oleskan lidah buaya

Lidah buaya telah lama dipercaya sebagai salah satu cara menghilangkan minyak di wajah. Anda dapat mengoleskan selapis tipis gel lidah buaya sebelum tidur dan biarkan hingga pagi hari.

3. Buat masker dari tomat

Tomat mengandung asam salisilat yang baik untuk mengatasi jerawat. Sebab, asam salisilat dapat menyerap minyak berlebih di wajah dan membersihkan sumbatan di pori-pori kulit wajah. Untuk memperoleh manfaat tomat yang satu ini, Anda dapat membuatnya menjadi masker dengan cara di bawah ini.

  • Campurkan satu sendok teh gula dengan biji-biji tomat yang didapatkan dari satu buah tomat.
  • Oleskan ke wajah dengan gerakan memutar.
  • Diamkan masker tersebut di wajah selama 5 menit.
  • Basuh wajah dengan air hangat dan keringkan.

Ilustrasi lemon. Shutterstock

4. Campur putih telur dan lemon

Putih telur maupun lemon, dipercaya dapat membantu membuat pori-pori terlihat lebih kecil. Selain itu, asam yang ada pada lemon, juga disebut dapat membantu menyerap minyak di wajah.

Anda dapat membuat masker putih telur dengan lemon, sebagai salah satu cara menghilangkan minyak di atas, dengan langkah di bawah ini.

  • Campur bagian putih dari sebutir telur dengan satu sendok teh air perasan lemon.
  • Lalu, oleskan campuran tersebut ke wajah dan tunggu hingga kering.
  • Setelah itu basuh wajah dengan air hangat dan keringkan.

5. Madu

Manfaat madu untuk kesehatan kulit memang sangat beragam, termasuk mengurangi minyak di wajah. Hal ini didapat karena kandungan antibakteri dan antiseptik yang dimiliki madu. Cara menghilangkan minyak di wajah menggunakan madu adalah dengan mengoleskan selapis tipis madu ke wajah. Lebih baik, Anda pilih madu alami yang mentah.

Setelah dioleskan ke kulit wajah, diamkan madu selama kurang lebih 10 menit hingga mengering. Jika sudah kering, Anda dapat membasuh muka dengan menggunakan air hangat.

6. Oatmel

Oatmeal dipercaya dapat membantu meredakan inflamasi di wajah serta menyerap kelebihan minyak. Bahan ini juga dapat membantu pengelupasan sel kulit mati.

Untuk merasakan manfaat oatmeal sebagai bahan perawatan wajah, berikut ini langkah-langkahnya.

  • Tumbuk oatmeal hingga halus, lalu campurkan dengan air hangat sampai membentuk pasta.
  • Masukkan satu sendok makan madu ke dalam pasta oatmeal.
  • Oleskan campuran tersebut di wajah, sambil dipijat-pijat secara perlahan selama kurang lebih tiga menit.
  • Setelah itu, basuh wajah dengan air hangat dan keringkan.

Selain dengan langkah di atas, Anda juga dapat mengoleskan campuran oatmeal di wajah dan diamkan selama 10-15 menit, lalu di basuh dengan air hangat.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."