Kunyit dan 6 Bahan Ini Cerahkan Kulit Siku Lutut yang Gelap

ilustrasi kunyit (pixabay.com)

kecantikan

Kunyit dan 6 Bahan Ini Cerahkan Kulit Siku Lutut yang Gelap

Rabu, 28 Agustus 2019 07:55 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Sudah rajin mandi dan memakai sejumlah produk perawatan kulit, tetapi warna kulit siku dan lutut lebih gelap dari kulit lainnya. Apakah situasi itu Anda rasakan juga? Kondisi ini akan sedikit menganggu saat memakai gaun pendek dan tanpa lengan pula. Ditambah lagi, busana itu dikenakan saat menemani pasangan di acara kantornya. Tentu Anda ingin terlihat kinclong dari atas sampai bawah, termasuk tampilan kulit yang terlihat secara kasat mata.

Salah satu solusi praktisnya adalah memakai pakaian panjang yang menutup siku ataupun lutut. Namun cara tersebut hanya bersifat sementara, tidak memberikan solusi jangka panjang. Coba atasi warna kulit siku dan lutut yang gelap dengan sejumlah bahan alami. Dengan perawatan rutin, bahan alami tersebut bisa mencerahkan siku dan lutut secara bertahap dan membuat warna kulit jadi merata.

Melansir laman Pink Villa dan Times of India, berikut ini sejumlah pilihan bahan alami untuk mencerahkan kulit siku dan lutut yang lebih gelap dari kulit lainnya.

1. Timun

Tidak hanya menyehatkan sebagai komponen salad, lalapan, ataupun acar, timun juga bermanfaat untuk perawatan tubuh. Ambil seiris timun dan gosokkan pada lutut dan siku Anda selama 5-10 menit, lalu diamkan hingga mengering, dan bilas bersih. Lakukan perawatan ini setiap hari untuk melihat hasilnya.

Pilihan lainnya, Anda membuat jus timun, lalu oleskan ke siku dan lutut dengan kapas. Gosok selama 5-10 menit, biarkan mengering lalu bersihkan.

2. Kunyit

Kunyit dikenal memiliki kualitas tumbuhan obat dan baik untuk kulit. Campurkan perasan kunyit ke dalam susu bubuk, oleskan pada siku dan lutut Anda. Diamkan sampai mengering, lalu cuci bersih dengan air hangat.

3. Lemon

Buah ini tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tapi juga ampuh untuk merawat tampilan kulit. Peras lemon, kemudian aplikasikan ke siku dan lutut yang gelap, kemudian pijat dengan lembut, diamkan selama 10 menit, lalu cuci dengan air hangat. Ulangi perawatan ini dua minggu sekali dan lihat proses perbedaannya.

Ilustrasi lemon dan baking soda. shutterstock.com

4. Campuran lemon, madu, dan baking soda

Lemon yang berkhasiat menurunkan berat badan hingga membersihkan ginjal ini, juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit siku dan lutut yang gelap. Campurkan perasan lemon, madu dan baking soda, oleskan campuran ini selama 10 menit, lalu bilas bersih. Ulangi perawatan tersebut untuk hasil yang maksimal.

5. Aloe Vera

Tumbuhan yang baik untuk rambut ini juga berkhasiat untuk mengatasi warna kulit yang tidak merata. Campurkan beberapa gel aloe vera dengan susu, kemudian oleskan pada siku dan lutut Anda. Biarkan semalaman, lalu cuci dengan air dingin di pagi hari untuk hasil terbaik. Untuk menyempurnakan perawatan oleskan pelembap bahan aloe vera.

6. Jus kentang

Jus kentang juga bisa mencerahkan kulit siku dan lutut. Ambil kapas, celupkan ke dalam jus kentang, lalu digosokkan ke area siku dan lutut selama 5-10 menit. Diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air dingin.

7. Dadih asam

Dadih dikenal sebagai pelembap yang baik. Tetapi tidak banyak yang tahu bahwa dadih asam juga bisa membantu meratakan warna kulit seseorang. Tambahkan satu sendok teh cuka dan tepung ke dalam dadih asam, campurkan dengan merata, lalu oleskan. Setelah 15 menit, bilas dengan air hangat.