9 Keuntungan Jalan Kaki Bisa Memperkuat Jantung sampai Tulang

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi jalan kaki. Telegraph.co.uk

Ilustrasi jalan kaki. Telegraph.co.uk

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Olahraga beragam jenisnya, ada yang membutuhkan alat dan tanpa alat. Sejumlah olahraga yang membutuhkan alat di antaranya sepeda, angkat beban, muay thai hingga kickboxing. Untuk olahraga yang tanpa alat, contohnya lari dan jalan kaki. Sebab modal utamanya melekat pada diri, yaitu kaki.

Bagi Anda yang tertarik berolahraga tanpa alat, jalan kaki bisa dijadikan alternatif pilihan. Selain murah meriah, manfaat jalan kaki untuk kesehatan sayang bila dilewatkan. Keuntunganya beragam mulai dari memperkuat jantung hingga memperbaiki suasana hati.

1. Meningkatkan energi

Salah satu manfaat jalan kaki lainnya adalah mengurangi rasa lesu dan meningkatkan energi. Pasalnya, jalan kaki bisa meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh serta menambah kadar kortisol, epinefrin, dan noepinefrin. Ketiganya adalah pengatur tingkat energi dalam tubuh. 

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Rutin berjalan kaki juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan penyakit-penyakit ringan. Misalnya, batuk, pilek, serta flu.

Dalam studi tertentu yang meneliti seribu orang partisipan, para peneliti menemukan bahwa mereka yang rutin berjalan kaki selama 30 sampai 45 menit setiap hari, memiliki masa sakit lebih rendah hingga 43% dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah berolahraga. Jika sakit pun, orang yang rutin berjalan kaki akan lebih cepat sembuh.

3. Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif

Suasana hati yang positif tersebut kemudian memudahkan keluarnya ide-ide segar. Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa ide baru yang kreatif, akan lebih mudah muncul jika dipikirkan sambil berjalan kaki daripada sambil duduk. Terutama jika Anda melakukannya di luar ruang dan di tengah udara segar. 

4. Memperkuat jantung

Berjalan kaki setiap hari minimal 30 menit bisa mengurangi risiko penyakit jantung koroner hingga 19%. Anda juga bisa meningkatkan manfaat ini dengan menambah jarak berjalan secara bertahap.

Selanjutnya Memperkuat tulang dan sendi

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."